Jawabanmu

2014-07-25T20:22:02+07:00
Hak mengemukakan pendapat: (dan contoh)
Di Lingkungan Keluarga
1. Mengutarakan pendapat dengan tetap menghormati ayah dan ibu sebagai orang tua
2. Menerima pendapat yang baik untuk kepentinga keluarga tanpa rasa terpaksa
3. Menghargai dan mendengarkan pendapat anggota keluarga yang lain sekalipun bertentangan dengan pendapat kita

Di Lingkungan Sekolah
1. Dalam suatu rapat, ketua rapat menjelaskan, ketua rapat menjelaskan permasalahan dan tata tertib rapat sekaligus bertanggung jawab memandu rapat agar berlangsung dalam suasana kekeluargaan
2. Peserta rapat mengutarakan pendapatnya secara jelas dan tanpa menyinggung perasaan peserta lain
3. Pada saat terjadi tukar pendapat, peserta rapat tidak boleh memaksakan pendapatnya sendiri agar diterima forum

Di Lingkungan Masyarakat
1. Ketua rapat atau sidang menjelaskan alasan dan tujuan musyawarah
2. Setiap peserta musyawarah mengemukakan pendapatnya yang masuk akal dalam suasana kekeluargaan
3. Perdebatan atau silang pendapat terjadi bukan untuk memenangkan pendapat pribadi melainkan untuk mencapai mufakat

semoga membantu :)
Jawaban paling cerdas!
2014-07-25T20:52:54+07:00
 menyampaikan  pendapat merupakan salah satu hak yang dimiliki manusia,setiap orang mempunyai hak-hak masing masing dalam mekemukakaan pendapatnya hak-hak mengemukakan pendapat:
1.menyampaikan hak pendapat di muka umum(pasal 2 ayat 1).
2.menyampaikan hak pendapat dari pemikiranya sendiri.
3.menyampaikan hak-hak dengan musyawarah.
kemerdekaan mekemukakan pendapat merupakan salah satu ciri kebebasaan yg dijamin oleh negara.maka untuk itu kita harus menghargai seseorang yg akan mekemukaan pendapatnya."semoga membantu"

1 5 1