Pada suatu hari minggu yang cerah seorang siswa smp sedang membersihkan kaca jendela. setelah selesai membersihkan kaca jendela ia melakukan aktivitas didalam rumah. beberapa jam kemudian siswa tersebut sangat terkejut karena kaca tersebut telah berdebu kembali, lalu ia membersihkannya lagi. minggu berikutnya cuaca sedikit mendung, ia kembali membersihkan kaca jendela dan melakukan aktivitas seperti biasa. namun sore harinya kaca tersebut masih bersih. mengapa bisa begitu?

2
Cuacanya sedikit mendung lho!
Hubungannya dengan listrik statis
Hubunganya Saat Suasanya Cerah : kain yang telah digosokkan pada kaca kering dapat menarik debu kecil-kecil karena kaca tersebut bermuatan listrik. Muatan pada kain yang digosok kaca kering adalah negatif. Saat kita menggosok kain dengan kaca kering, elektron dari kaca kering akan berpindah ke kain. kain menjadi kelebihan elektron sehingga kain bermuatan negatif sedangkan kaca kering akan bermuatan positif.
Saat suasana Mendung : Tidak terjadi perpindahan muatan karena saat gesekan atara kain dan kaca menghasilkan gesekan yang statis (satu jenis muatan) akibat faktor lingkungan bisa - dan - atau + dan + karena suhu (dingin) berbeda dengan suasana cerah kain basah (dingin) sedangkan kaca (kering)
Itu teori ilmiah yang saya tau sedangkan praktek yang saya lakukan dengan kaca biasa dan kain yang digunakan kain sutra

Jawabanmu

2014-07-25T19:40:57+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pada saat cuaca cerah debu mudah menempel pada kaca yang baru saja siswa smp tersebut lap.
pada saat cuaca hujan mengapa tidak ada debu? karna debu yg menempel telah di bersihkan oleh rintik-rintik hujan tersebut.
Jawaban paling cerdas!
2014-07-25T21:06:26+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Karena saat kemarau tanah itu kering, sehingga menjadi debu, namun saat mau hujan ya tanah akan lembab
1 5 1