Jawabanmu

2014-02-04T09:06:48+07:00
HUBUNGAN ANTARA SUDUT DAN GARISSudut-sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lainDua garis yang sejajar mempunyai jarak yang tetap walaupun kedua garis tersebut diperpanjang.Sudut-sudut sehadapSudut yang menghadap kearah yang sama, yaitu arah kanan atas. Sudut itu disebut sudut sehadap.Sudut-sudut berseberangan1) Sudut-sudut dalam berseberanganSudut yang berada diantara (di dalam) dua garis sejajar dan berseberangan terhadap garis transversal. Sudut-sudut itu disebut sudut dalam berseberangan.
2) Sudut-sudut luar berseberanganSudut yang berada di luar dua garis sejajar dan berseberangan terhadap garis transversal. Sudut itu disebut sudut luar berseberangan.sudut-sudut sepihak1) Sudut-sudut dalam sepihakSudut yang berada di dalam dua garis sejajar dan keduanya terletak di sebelah kiri garis transversal. Sudut-sudut itu di sebut sudut dalam sepihak.
2) sudut-sudut luar sepihakSudut yang berada diluar dua garis sejajar dan keduanya terletak di sebelah kiri garis transversal. Sudut-sudut ini disebut sudut luar sepihak.Hubungan sudut-sudut pada dua garis sejajar yang dipotong oleh garis lainJika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain, berlaku:
a. Sudut-sudut yang sehadap sama besar
.
b. Sudut-sudut dalam berserangan sama besar.
c. Sudut-sudut luar berseberangan sama besar.
d. Sudut-sudut dalam sepihak berjumlah 180 derajat.
e. Sudut-sudut luar sepihak berjumlah 180 derajat