Jawabanmu

2014-07-25T10:11:14+07:00
1. gerak nasti adalah gerak bagian tumbuhan sebagai tanggapan terhadap rangsang yang berasal dari luar , contoh :daun putri malu menutup saat disentuh
2. gerak tropisme adalah gerak tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang, contoh : daun mengarah ke arah cahaya
3. gerak taksis adalah gerak seluruh bagian tumbuhan ( berpindah tempat ) yang arahnya dipengaruhi rangsang , contoh : gerak alga Euglena mendekati cahaya
Jawaban paling cerdas!
2014-07-25T13:03:55+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Contoh beberapa "macam-macam gerak pada tumbuhan" :

a. Tropi atau Tropisme
1. Fototropi (gerak bagian tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang  berupa cahaya)
Contoh : arah pergerakan batang tumbuhan yang selalu menuju ke arah datangnya  cahaya.

3. Hidrotropi (gerak begian tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa air)
Contoh : gerak akar yg arahnya selalu menuju tempat yg mengandung air

3. Tigmotropi ( gerak tumbuhan yg dipengaruhi oleh rangsangan berupa singgungan)
Contoh : ujung batang / sulur pada kacang panjang yang membelok atau membelit benda yang disentuhnya

b. Nasti
1. Seismonasti ( gerak bagian tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang berupa sentuhan / getaran)
Contoh : Daun putri malu yang bergerak mengantup ketika disentuh

2. Termonasti ( gerak bagian tumbuhan yg dipengaruhi oleh rangsangan berupa panas)
Contoh :  bunga tulip akan mekar bila suhu lingkungannya naik, dan akan menguncup  apabila suhu lingkungannya turun.

3. Hidronasti ( gerak tumbuhan yg dipengaruhi oleh rangsangan berupa air)
Contoh : daun alang-alang akan menggulung pada musim kemarau untuk mengurangi penguapan air.

c. Taksis
1. Fototaksis ( gerak bagian tumbuhan dikarenakan rangsang berupa cahaya)
Contoh : gerak kloroplas ke arah bagian sel yg terkena cahaya.

2. Kemotaksis ( gerak bagian tumbuhan dikarenakan rangsang berupa zat kimia)
Contoh : gerak spermatozoid pada tumbuhan paku menuju sel telur di dalam arkegonium.


*smoga bermanfaat ^^

3 5 3