Suatu keluarga mempunyai 6 anak yang usianya pada saat ini membentuk barisan aritmatika. jika usia anak ke-3 adalah 7 tahun dan anak ke-5 adalah 12 tahun, maka jumlah usia enam anak tersebut? (SOAL CPNS TKD HONORER)

2

Jawabanmu

  • acim
  • KsatriaBrainly
2014-07-25T09:11:59+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Urutan usia anak dari termuda :
a, (a+b), (a+2b), (a+3b), (a+4b), (a+5b)

U3 = 7, artinya
a + 2b = 7
U5 = 12, artinya
a + 4b = 12

cari solusi a dan b pada kedua persamaan di atas :
a + 4b = 12
a + 2b = 7
--------------- (-)
2b = 5
b = 5/2
substitusi b = 5/2 ke persamaan 2, get
a + 2b = 7
a + 2(5/2) = 7
a + 5 = 7
a = 2

dengan demikian urutan usia ke-6 anak di atas adalah :
a, (a+b), (a+2b), (a+3b), (a+4b), (a+5b)
2, (2 + 5/2), (2 + 2(5/2)), (2 + 3(5/2)), (2 + 4(5/2)), (2 + 5(5/2))
2, (4,5), (7), (9,5), (12), dan (14,5) tahun

jadi jumlah umur mereka = 2 + 4,5 + 7 + 9,5 + 12 + 14,5 = 49,5 tahun

Jawaban paling cerdas!
2014-07-25T10:52:03+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Un=a+(n-1)b \\ U3=7 \\ a+2b=7 \\ U5=12 \\ a+4b=12  \\ a+2b=7  \\ --------~eliminasi~~~~~~~~~~~~~~~ \\ ~~~~~~2b=5 =>b=2,5 \\ a+2b=7=>a+2(2,5)=7=>a=2 \\  \\ Sn= \frac{n}{2}(2a+(n-1)b )\\\\S6= \frac{6}{2}(2a+5b)\\\\S6=3( 2(2)+5(2,5))\\\\S6=49,5~tahun
1 5 1