Jawabanmu

2014-07-24T15:49:25+07:00
Tumbuhan memiliki klorofil, dengan adanya klorofil inilah tumbuhan dapat membuat makanan sendiri. proses pembuatan makanan ini disebut Fotosintesis
56 3 56
tumbuhan hijau memiliki klorofil. dengan bantuan cahaya matahari+karbondioksida ---> maka akan terjadi proses fotosintesis. yaitu makanan untuk tumbuhan tsb :)
terima kasih
2014-07-24T15:50:51+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Tumbuhan hijau tidak mendapatkan makanan, tetapi membuat makanannya sendiri.

penjelasan singkat:
Pada daun terdapat sel yang mengandung kloroplas yang disebut lapisan palisade.
Di dalam kloroplas terdapat zat hijau daun yang disebut klorofil. Klorofil berperan pada proses pembuatan makanan yang berlangsung di daun.
Selain klorofil, untuk membuat makanan, tumbuhan juga memerlukan karbondioksida,
air, dan sinar matahari.

Energi dari sinar matahari inilah yang digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen. Proses ini kemudian dikenal dengan nama
fotosintesis. Secara singkat, proses fotosintesis dapat di lihat pada diagram
berikut ini.

Air + Karbondioksida ⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯→ glukosa + Oksigen

Secara alami, proses fotosintesis hanya berlangsung pada siang hari karena proses
ini memerlukan cahaya matahari. Cahaya matahari merupakan sumber energi utama
pada proses fotosintesis.

Begitulah cara tumbuhan hijau membuat makanan dengan bantuan sinar matahari.

Semoga membantu :)
34 4 34
Tumbuhan hijau menyerap makanan berupa air dan mineral dr akar. Lalu disalurkan ke atas (ke daun) untuk dimasak (berfotosintesis). Setelah di daun, air, mineral, cahaya matahari, karbondioksida dan klorofil pada daun akan diolah hingga menghasilkan .oksigen dan karbohidrat. Jika selesai diolah, maka akan disalurkan ke seluruh bagian tumbuhan. Setelah semua mendapat bagian sama rata, jika ada oksigen yg tersisa, maka akan dilepas ke luar.