Pernyataan berikut yang benar mengenai efek fotolistrik adalah
1. Dalam efek fotolistrik cahaya dipandang sebagai partikel
2. Efek fotolistrik dapat di timbulkan oleh cahaya dengan berbagai panjang gelombang
3. Energi kinetik elektron tergantung pada frekuensi cahaya
4. Efek foto listrik membuktikan bahwa partikel elektron mempunyai panjang gelombang de Broglie
jawaban: A.1,2,3 benar
B. 1,3 benar
C. 2,4 benar
D. 4 benar
E. benar semua

1
Pembahasan
1. Peristiwa efek fotolistrik dapat dijelaskan dengan menganggap cahaya sebagai partikel, bukan sebagai gelombang. Energi cahaya tidak didistribusikan secara kontinu sebagaimana gelombang bergerak tetapi berupa paket-paket kecil yang disebut foton alias kuanta cahaya (bayangkan saja seperti air hujan). (Benar)
Pembahasan 3. Efek fotolistrik terjadi pada frekuensi atau panjang gelombang sinar ultraviolet alias sinar ultraungu. Frekuensi ultraviolet merupakan frekuensi ambang di mana energi foton mampu melepaskan elektron dari permukaan logam. Frekuensi inframerah tidak bisa karena terlalu kecil, sebaliknya frekuensi sinar x dan sinar gamma bisa karena frekuensinya lebih besar dari ultraviolet. (benar)
kira-kira jawabannya yg mana saya tdk mengerti
Pembahasan 4.Sifat Gelombang dari Partikel Sifat partikel dinyatakan oleh besaran momentum (p) dan sifat gelombang dinyatakan dengan besaran panjang gelombang (λ). Hipotesa De Broglie : “ Partikel – partikel dengan momentum p seharusnya juga memiliki sifat – sifat gelombang dengan panjang gelombang λ Hipotesa ini dibuktikan oleh Davisson & Germer pada tahun 1926. Panjang gelombang De Broglie : h = konstanta Plank = 6,6 x 10 – 34 Js m = massa partikel (kg) v = kecepatan gerak partikel (m/s)
kalo aku 1 dan 3 kalo yang no4 de brogile itu tentang compton

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-27T03:11:51+07:00
B. 1 benar,
2 salah karena efek fotolistrik hanya akan terjadi saat energi foton melebihi energi ambamg bahan katoda, jd tdk semua panjang gelombang bisa menimbulkan efek foto lostrik
3 jg benar
4 salah
2 4 2