Jawabanmu

2014-07-26T05:49:10+07:00
Air Terjun Oenesu memiliki ketinggian sekitar 10 m dengan 4 tingkatan. Airnya meluncur dari air terjun pertama hingga ke air terjun berikutnya. Di sela-sela air terjun terdapat kubangan air berupa kolam alami. Air yang mengalir ini banyak mengandung kapur.

Saat musim hujan, curuhan dan volume air Oenesu begitu melimpah. Kendati begitu airnya tetap jernih. Sementara ketika musim panas, airnya tak pernah kering meski tak sebanyak saat musim hujan. Namun airnya terlihat lebih jernih.





Lokasi

Terletak di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Peta dan Koordinat GPS: 10° 15' 56.77" S 123° 34' 0.92" E
Aksesbilitas

Berjarak 17 km ke arah bara dari kota Kupang dan dapat dijangkau dengan transportasi umum atau pribadi. Untuk menuju ke Oenesu bisa ditempuh dengan melewati jalur 40. Kondisi jalan menuju ke sana sudah beraspal mulus. Hanya beberapa kilometer yang pada cabang masuk air terjun yang jalannya sedikit rusak, namun demikian masih dapat dijangkau. Pada musim hujan sekalipun obyek ini masih tetap dapat dijangkau dengan mudah, karena jalannya tidak berlumpur atau becek. Semua kendaraan dapat langsung berhenti persis di samping lokasi air terjun.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, bisa menyewa mobil travel dari kota Kupang sekitar Rp 500.000 per hari.

Sampai di lokasi, ada dua jalur yang dapat dipakai untuk turun menuju dasarair terjun. Untuk jalur pertama, di sebelah kiri lokasi terdapat jalan menurun yang cukup terjal yang nantinya menuju ke sebuah jembatan jauh di bawah air terjun utama. Dari jembatan ini dapat terlihat beberapa tingkat air terjun. Sedangkan jalur kedua melalui jembatan kayu yang cukup mengkhawatirkan karena banyak kayu tidak terpasang menutup ruasnya. Selanjutnya menuruni anak tangga yang cukup curam hingga tiba di dasar air terjun.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 1.500 untuk orang dewasa, Rp 1.000 untuk anak kecil. Sedangkan parkir kendaraan roda empat adalah Rp 2.000 dan roda dua adalah Rp1.000.

Fasilitas dan Akomodasi

Obyek ini telah dilengkapi dengan sarana seperti lopo, rumah makan, MCK, jalan setapak dengan tangga turun yang sudah di semen dan tempat parkir. Juga beberapa gazebo untuk melepaskan lelah.