Jawabanmu

2014-07-23T19:39:02+07:00
Tergantung keberadaan matahari. Misalkan saat matahari seakan-akan berada diutara garis khatulistiwa maka angin muson dari Australia akan berganti menuju ke Asia dan negara selatan mengalami musim dingin/hujan. Sementara pada saat matahari seakan berada di selatan garis khatulistiwa, maka angin muson dari Asia menuju Australia menjadikan negara utara musim dingin/hujan. Semoga membantu...
Jawaban paling cerdas!
2014-07-23T19:40:39+07:00
Karena pergerakan semu tahunan matahari, terjadi perubahan tekanan udara, menyebabkan arah angin berganti setiap setengah tahunnya.
Misalkan, bulan Maret sampai September matahari berada di belahan bumi utara, maka tekanan udara di daerah belahan bumi utara menjadi rendah, akibatnya arah angin mengarah ke utara. Sebaliknya saat bulan Oktober hingga April, matahari berada di belahan bumi selatan, maka tekanan udara di selatan menjadi rendah, akibatnya arah angin berubah mengarah ke selatan.
Maaf kalau tidak sesuai harapan :)