Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-22T14:25:54+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. VARIABEL BEBAS / VARIABEL INDEPENDEN (disebut juga variabel pengaruh, variabel perlakuan, penyebab, treatment, dan sebagainya), adalah variabel yang bila dalam suatu saat berada bersama variabel lain, variabel yang terakhir ini berubah (atau diduga berubah) dalam variasinya. atau bisa juga diartikan sebagai variabel yang mengakibatkan perubahan bagi variabel terikat.

2. VARIABEL TERIKAT / VARIABEL DEPENDEN: variabel yang berubah karena variabel bebas (disebut juga variabel terpengaruh, variabel tak bebas/ terikat, efek, dan sebagainya.
atau bisa juga diartikan sebagai variable yang menjadi akibat karena adanya variable bebas

contoh :

pengaruh MSG terhadap kesehatan manusia.

variabel bebasnya : MSG
variabel terikatnya : kesehatan manusia

3.VARIABEL KONTROL : variable yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variable bebas terhadap variable terikat tidak dipengaruhi oleh factor luar yang tidak diteliti.

semoga membantu :)
7 4 7