Master saya lagi bingung mohon pencerahanyya karena saya searching gak ktemu2 !!jelaskan mengapa hanya pancasila yang tepat digunakan sebagai dasar negara indonesia,ditinjau dalam keseimbangan dalam pancasila???uraikan dengan contoh dalam kehidupan bernegara!!!mohon infonya

1

Jawabanmu

2014-07-21T23:58:35+07:00
Indonesia pada dasarnya sudah pernah mengganti ganti dasar negara pada era Bung Karno. namun, mengapa hanya Pancasila yang rasanya cocok untuk kita? karena, pada dasarnya , negarawan dan pejuang tanah air dulu mengingikan satu, bangsa indonesia, yang bersatu lepas dari penjajahan. belajar dari sejarahnya juga, pada perang melawan belanda dan lebih mementingkan semangat juang daerah, itu tidaklah membantu mengusir belanda dari tanah air. oleh sebab itu, para pendiri bangsa kita membuat sebuah dasar yang kokoh yang tidak menciderai semangat bersama berjuang melawan penjajah, dan kehidupan bangsa ini kelak setelah lepas dari belenggu penjajah. semangat kegotong royongan dalam masyarakat tanpa membedakan suku ras dan agama, sebetulnya sudah ada dalam pemaknaan sila ke-3.

tapi, yang terpenting dari semua ini, adalah karena pancasila dibuat oleh kita sendiri, dengan rasa kita, dengan apa adanya kita.

koreksi  jika saya salah