Warna larutan asam formiat ( HCOOH ) 0,1 M sama dengan warna larutan HCL 0,002 M ketika keduanya diberi dua tetes indikator metil jingga. Jika kedua larutan tersebut memiliki volume sama, tetapan ionisasi asam formiat sebesar..

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-21T09:16:38+07:00
Artinya derajat keasamaannya sama

maka
pH HCOOH = pH HCL
[H⁺] = [H⁺]
√(Ka.m) = M
Ka.m = M²
Ka . 0,1 = (2.10⁻³)²
Ka = 4 . 10⁻⁶⁺¹
= 4 . 10⁻⁵

^_^
2014-07-21T09:30:16+07:00
Dari soal dapat diketahui bahwa kedua asam memiliki pH yang sama berarti:
[H+] HC00H = [H+] HCL
√ (Ka x M HCOOH ) = [HCl]
Ka x 0,1 = (2 X 10^-3)^2 
Ka = 4 x 10^-6 / 0,1
Ka = 4 x 10^-5

2 3 2