Sebuah lemari berukuran 96cm x 60cm x 72cm. untuk lemari mainan anak-anak, dibuat model lemari yang panjangnya 12cm. hitunglah:
a. ukuran lebar dan tinggi lemari pada model
b. luas permukaan lemari sebenarnya dan luas permukaan lemari pada model
c. volume lemari sebenarnya dan volume lemari pada model

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-21T08:36:57+07:00
Misal p1=96, l1=60, t1=71, p2=12
a.  \frac{ p_{1}}{ p_{2}} = \frac{ l_{1}}{ l_{2}}

96/12 = 60/ l_{2} 

maka l_{2} = 7,5

 \frac{ p_{1}}{ p_{2}} =  \frac{ t_{1}}{ t_{2}} 

96/12 = 72/t_{2}

maka t_{2} = 9

b. L sebenarnya = 2pl + 2lt + 2pt = (2x96x60) + (2x60x72) + (2x96x72) = 33984

L pada model = (2x12x7,5) + (2x7,5x9) + (2x12x9) = 531

c. V sebenarnya = 96x60x72 = 414720
V pada model = 12x7,5x9 = 810
7 3 7
maksudnya pc=personal computer
iya saya tau kok... memang yumma kelas berapa?
12
hoalah...
kenapa emang?
2014-07-21T09:26:07+07:00
P x l x t = volume
96 x 60 x 72 => ukuran lemari
12 x l x t => ukuran lemari model

a) pake perbandingan
(96/12) x (60/l) x (72/t)

cari l : (96/12) x (60/l)
=> 60 x 12 = 96 x l
=> 720 = 96 x l
=> l = 720/96
=> l = 7,5

cari t : (96/12) x (72/t)
=> 72 x 12 = 96 x t
=> 864 = 96 x t
=> t = 864/96
=> t = 9

b) luas permukaan lemari model = 2pl + 2lt + 2pt
=> (2x12x7,5) + (2x7,5x9) + (2x12x9)
=> 180 + 135 + 216
=> 531 m2

luas permukaan lemari sebenarnya = 2pl + 2lt + 2pt
=> (2x96x60) + (2x60x72) + (2x96x72)
=> 11520 + 8640 + 13824
=> 33984 m2

c) v lemari model = p x l x t
=> 12 x 7,5 x 9
=> 810 m3

v lemari sebenarnya = p x l x t
=> 96 x 60 x 72
=> 414720 m3

semoga bermanfaat ^^
7 4 7