Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-20T18:56:38+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Sederhananya gini : 
1. Alur Maju : 
Ceritanya bergerak maju. Contoh sederhananya adalah misalnya cerpen itu awalnya menceritakan ttg seorang anak kecil dan berkembang / berakhir saat dia telah remaja.

2. Alur Mundur : 
Cerita bergerak mundur, alias flashback. Biasanya bercerita tentang latar belakang sebuah kejadian. Misalnya cerita tentang seorang mantan veteran yang membayangkan kisah hidupnya di masa muda.

3. Campuran : 
Adalah cerita yg memiliki campuran alur maju dan mundur. Biasanya cerita ini dimulai di tengah-tengah. Sementara cerita berkembang maju, beberapa kali ditampilkan beberapa potongan flashback yang menjelaskan latar belakang cerita. 
Contoh sederhananya bisa saya ambil dr cerita The Bourne Identity, di mana cerita diawali di tengah2, saat Jason Bourne tidak ingat siapa dirinya. Sementara cerita bergulir maju, pelan2 kita diperlihatkan flashback / kejadian masa lalu Jason Bourne. 
Tujuan alur seperti ini adalah utk mengulik rasa penasaran pembaca sehingga mereka tidak bosan dan terlalu mudah menebak cerita yg kita buat.
8 4 8