Jawabanmu

2014-07-20T12:37:09+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
1 3 1
2014-07-20T12:37:33+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
LAPORAN HASIL OBSERVASI BIMBINGAN KONSELINGDI SD NEGERI 101788 MARINDAL IKECAMATAN PATUMBAK KABUPATEN DELI SERDANGDISU                                                                 S                           UN
OLEHLENAWANTY TOGATOROP111 3 111 035PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASARFAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN2012KATA PENGANTAR
Pertama dan yang utama, penulis memanjatkan puji dan sykur kepada Yang Maha Kuasa. Karena berkat rahmat dan karunia-Nyalah penulis dapat menyelesaikan laporan Observasi ini sesuai waktu yang telah di tentukan. Saya juga sangat berterima kasih kepada pihak sekolah yang telah mengizinkan saya untuk melakukan observasi ini di sekolah tersebut , khususnya bagi Kepala Sekolah, wali kelas dan siswa yang saya observasi, karena atas kerja sama yang baik saya bias mengerjakan laporan ini.Laporan ini disusun dalam  rangka memenuhi salah satu  tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling. Observasi ini dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 April 2012.Observasi ini dilakukan di SD Negeri NO. 101788 Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang.Tiada gading yang tak retak. Dari peribahasa itu, penulis menyadari laporan ini bukanlah karya yang sempurna karena memiliki banyak kekurangan baik dalam hal isi maupun sistematika dan teknik penulisan. Oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan  kritik dan saran yang menbangun demi kesempurnaan laporan ini. Akhir kata, semoga laporan ini bisa memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca.
Medan, April 2012
Lena Wanty



BAB IPENDAHULUAN1.      Latar BelakangSetiap individu mempunyai keunikan masing-masing, mempunyai kemampuan dan karakteristiknya masing-masing. Mulai dari yang cepat memahami pelajaran, hingga yang lamban. Mulai dari siswa yang berprestasi, hingga anak yang sarat akan masalah.Pada setiap kelas di Sekolah Dasar tidak jarang dijumpai peserta didik yang bermasalah baik dalam hal interaksi dengan sesama temannya, maupun dalam hal belajar. Mereka dapat dikategorikan sebagai kelompok yang menuntut layanan bimbingan yang khusus. Temuan lapangan Sunaryo dkk dalam Sunaryo menunjukkan bahwa masalah-masalah siswa sekolah dasar menyangkut aspek perkembangan fisik, kognitif, pribadi, dan sosial.Adanya rentang keragaman individual siswa yang amat lebar memunculkan populasi khusus target layanan bimbingan, antara lain mencakup:a.       siswa dengan kecerdasan dan kemampuan tinggib.      siswa yang mengalami kesulitan belajarc.       siswa dengan perilaku bermasalah.Untuk itu guru SD perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang jenis-jenis data yang perlu dikumpulkan, sumber untuk memperoleh data tersebut, cara dan prosedur mendapatkan data, dan keterampilan dalam menyusun alat pengumpul data serta penggunannya. Pengetahuan dan keterampilan tersebut sangat berguna dalam mengidentifikasi peserta didik.


2.      Rumusan MasalahPada penelitian kali ini, penulis memfokuskan pada siswa yang mengalami kesulitan belajar dan anak yang berprestasi pada kelas Vdi SDN No. 101788 Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang.3.      TujuanTujuan diadakannya observasi ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi peserta didik yang bermasalah di kelas VI di SDN No. 101788  Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli SerdangTak hanya itu, penulis pun mencari solusi masalah tersebut.4.      ManfaatLaporan ini sangat bermanfaat sekali bagi penulis, karena:a.       Memberikan kesempatan kepada penulis (mahasiswa) untuk mempelajari, mengamati, dan mengkaji suatu permasalahan yang dihadapi oleh siswa.b.      Melatih kita dalam membuat suatu karya tulis agar terbiasa dan lebih baik.c.       Memberikan kesempatan kepada mahasiswa (penulis) untuk lebih mengenal calon anak didiknya dalam berbagai aspek yang ada dalam diri mereka dan masalah yang mereka hadapi, khususnya anak yang berkesulitan belajar.d.      Sebagai pedoman untuk pembelajaran.e.       Sebagai motivasi untuk melakukan suatu observasi, wawancara atau membaca buku-buku yang berhubungan dengan permasalahan anak atau siswa.Tidak hanya bagi penulis, laporan ini juga bermanfaat bagi pembaca, karena:a. Mengetahui akan masalah yang dihadapi seorang siswa yang mungkin kita tidak menyadarinya.b.  Lebih mendekatkan pembaca khususnya orang tua dengan anaknya, dengan memberikan perhatian, kesempatan dan motivasi bagi mereka.c.  Menumbuhkan rasa ingin tahu dan kepedulian akan masalah yang dihadapi oleh siswa.
5.      Metode PenelitianDalam melakukan penelitian, penulis menggunakan berbagai macam teknik, diantaranya,angket, dokumen, dan wawancara.6.      Waktu dan TempatPenulis melakukan beberapa kali kunjungan ke SDN No. 101788  Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang, yakni tanggal 26 dan tanggal 27 April 2012.