Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-19T01:22:57+07:00
Politik: berdasarkan cerpen bawuk ini diceritakan pada zaman keadaan perubahan dari orde lama ke orde baru. Memang pengaruh politik itu sangat kuat dalam kehidupan, contoh seperti Bawuk ini dengan hidup yang berkondisikan politik yang tidak memihak yaitu PKI, yang akhirnya membuat hidupnya sengsara. Seseorang harus berhati-hati dalam memilih ideologi yang akan dijadikan pedoman hidup. Segala tindakan yang ditempuh harus berdasarkan ideologi tertentu harus memperhatikan keadaan politik yang sedang berkembang di masyarakat.
Moral: Dalam cerpen ini yang dapat saya analisis berdasarkan moral yaitu kasih sayang ibu terhadap anaknya akan abadi walaupun dari cerpen ini memegang ideologi yg berbeda, yang memang ibu Bawuk menyadarkan anaknya dan malah memberi semangat harus berpendirian teguh terhadap apa yang dipilihnya. Juga Bawuk yng sangat peduli terhadap suaminya, sampai harus mencarinya. Cerpen ini menggambarkan bahwa dijaman tersebut orang memiliki solid yang tinggi.
Religi: untuk yg berkaitan dgn religi dalam cerpen ini hampir tidak adanya kehidupan yang berdasarkan agama, tetapi memang latar belakang keluarga bawuk yang bagus berdasarkan agama yaitu priyayi. akan tetapi pengaruh agama pada masa ini kurang berpengaruh kuat, karena kondisi yang sedang terguncang yaitu peralihan pada OrBa, yang lebih menitik beratkan kepada hal politik.
1 5 1