Jawabanmu

2014-07-18T20:46:46+07:00
Gerak tumbuhan:
1. gerak higroskopis: gerak pd tumbuhan yg diakibatkan tumbuhan scra mendadak kehilangan air atau faktor kekeringan. contohnya: seperti gerak pcahnya buah polong untuk melemparkan bijinya pda tanaman polong2an.
2. gerak endonom: gerap pd tumbuhan yg arah rangsangannya dr dalam, tnpa diketahui faktor penyebabnya. cntoh: sperti gerakan tdk beraturan pd sistem koloid protoplasma tumbuhan
3. gerak etionom: grak pda tmbuhan yg disebabkan oleh impuls/rangsangan yg arahnya dr luar. cntoh: fototropisme pda gerak tropisme

moga benar, maaf klo salah.. refrensinya sy lihat dr buku menggunakan kta2 sy sndri ;)
2014-07-18T20:52:02+07:00
Gerak Nasti
Gerak nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan namun arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.
Contoh:
menutupnya daun putri malu
membuka dan menutupnya bunga pukul 4
membuka serta menutuppnya stomata
menutupnya tanaman polong polongan
Gerak nasti dibedakan menjadi :
Fotonasti(karena Cahaya)
Niktinasti(karena Gelap)
Tigmonasti(karena sentuhan)
Termonasti(karena suhu)
Nasti kompleks(karena 2 faktor atau lebih)
GERAK TROPISME
Gerak Tropisme adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.
Contoh:
gerak batang tumbuhan ke arah cahaya
gerak akar menuju air
gerak akar ke pusat bumi
gerak membelitnya sulur
Fototropisme(karena cahaya)
geotropisme(karena gravitasi)
hidrotropisme(karena air)
kemotropisme(karena zat kimia)
tigmotropisme(karena sentuhan benda yang lebih keras)
TAKSIS
Taksis adalah gerak seluruh atau bagian tubuh tumbuhan yang berpindah tempat dan arah perpindahannya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.
fototaksis(karena cahaya)
kemotaksis(karena zat kimia)
ENDONOM
Gerak endonom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan atau faktor-faktor yang berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri. Gerak endonom disebut juga autonom.
Contoh:
Gerakan aliran sitoplasma pada tanaman air Hydrilla verticillata.
Higroskopis : Gerak bagian tumbuhan yang terjadi karena adanya perubahan kadar air pada tumbuhan secara terus menerus, akibatnya kondisi menjadi sangat kering pada kulit buah atau kotak spora sehingga kulit biji atau kotak spora pecah. Misalnya:
Pecahnya kulit buah polong-polongan (lamtoro, kembang merak, kacang buncis, kacang kedelai). Hal ini disebabkan berkurangnya air pada kulit buah. Kulit buah menjadi kering, retak dan akhirnya pecah sehingga bijinya terpental ke luar. Pecahnya kulit buah dan terpentalnya biji sebenarnya merupakan cara tumbuhan tersebut memencarkan alat perkembangbiakannya. Gerak higroskopis juga terjadi pada membukanya kotak spora (sporangium) tumbuhan paku (Pteridophyta) dan lumut (Bryophyta).