Jawabanmu

2014-07-18T17:46:26+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kerajaan Demak pada masa itu berada di tepi laut, berada di Kampung Bintara, menjadi Kota Demak, Jawa Tengah.
Raja pertama : 
Raden Patah (1478 - 1518)

Penyebab Kemunduran

a. Setelah Sultan Trenggono, terjadi perebutan kekuasaan antara Pangeran Seda di Lepen dan Sunan Prawoto (putra Sultan Trenggana)
b. Raden Patah kurang menarik simpati orang-orang pedalaman dan bekas rakyat Kerajaan Majapahit.
2014-07-18T18:23:19+07:00
Kerajaan Demak terletak di daerah pantai utara Jawa Tengah. Sebelum mnjadi kerajaan Islam, Demak menjadi kekuasaan Kerajaan Majapahit yg bernama Bintoro. Pada akhir abad ke-15, Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran setelah Hayam Wuruk dan Gajah Mada meninggal. Sementara itu, wilayah Jepara, Demak, Tuban dan Gresik sudah dipengaruhi agama Islam. Pada tahun 1500, Raden Patah melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit dan mendirikan Kerajaan Demak Bintoro. Berakhirnya Kerajaan Demak: Setelah Sultan Trenggana wafat, terjadi perebutan kekuasaan antara Sunan Prawoto (putra Sultan Trenggana) dan Pangeran Sekar. Dalam peristiwa itu, Pangeran Sekar wafat, tak terima ayahnya meninggal, Arya Penangsang membalas kematian ayahnya dengan menghabisi Sunan Prawoto dan Pangeran Hadiri. Kemudian, ia dapat dikalahkan oleh Jaka Tingkir (menantu Sunan Trenggana). Akhirnya, ia memindahkan pusat pemerintahan ke daerah Pajang (Kartasura) pada tahun 1568.