Jawabanmu

2014-07-18T09:31:45+07:00
# DAMPAK POSITIF
*  memperluas lapangan kerja
* dengan ada.a impor , kebutuhan dalam  negara terpenuhi.
* masuk.a modal asing ke dlm negeri
- menghasilkan devisa
Mempererat hubungan persaudaraan dan kerjasama antar negara

# DAMPAK NEGATIF
* muncul.a ketergantungan negara maju
* meningkat.a pengangguran
* masuk.a tnga asing ke indonesia
* banyak.a produk asing di pasar
* Salah peneratan atas penggunaan teknologi
m2f klw salah ,,,

Jawaban paling cerdas!
2014-07-18T09:32:40+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dampak positif adanya kerja sama ekonomi antarnegara bagi perekonomian Indonesia :

1.  Memperluas lapangan kerja
2.  Terpenuhinya kebutuhan dalam negeri yang tidak bisa diproduksi sendiri
3.  Memperluas pasar produk dalam negeri
4.  Masuknya modal asing ke dalam negeri
5.  Terjadinya alih teknologi
6.  Menghasilkan devisa
7.  Menambah pendapatan negara
8.  Menghilangkan hambatan perdagangan antarnegara
9.  Mempercepat pertumbuhan ekonomi
10. Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat

Dampak negatif adanya kerja sama ekonomi antarnegara bagi perekonomian Indonesia :

1.Ketergantungan
2.Pasar dalam negeri dikuasai produk asing
3.Bangkrutnya perusahaan dalam negeri yang tidak mampu bersaing
4.Menciptakan pengagguran sebagai akibat penggunaan teknologi tinggi
5.Meningkatkan pengangguran
6.Banyaknya TKI ilegal
3 5 3