Selamat malam saya ryan saya mau nanya .

Apa arti orientasi,komplikasi,koda ?

Apakah pernyataan berikut termasuk pada bagian orientasi ?
"Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan - jalan melihat taman.Ia sangat bahagia karena bisa berjalan -jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu."
Jika iya tolong sebutkan alasannya jika tidak juga tolong sebutkan alasannya.

Apakah bagian komplikasi disusun dengan kalimat yang memunculkan masalah dalam teks tersebut ?Tolong alasannya .
Teks tersebut berisi "Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana. " Apakah kalimat tersebut sudah sesuai dengan awal bagian komplikasi.Berilahalternatif kalimat yang lain untuk memunculkan masalah.

Apakah kamu setuju dengan bagian koda dalam teks ini ?
"Ahkirnya sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua mahluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu." Berilah alternatif yang lain untuk menyusun koda yang menarik.

Tolong dijawab dengan cepat ya karena sangat butuh.Terima kasih banyak.

1
ini struktur teks cerpen kan ?
untuk menemukan suatu struktur teks kita harus memerhatikan apa apa saja yang dijelaskan di orientasi yaitu pengenalan tokoh,watak, dan tempat, sedangkan komplikasi berisi tentang masalah awal cerita sehingga kejadian itu bisa terjadi, tapi kalau koda saya gkk tahu ...... dan juga ini buat struktur teks cerpen aja yah :)
ok gapapa maksih banyak atas bantuan nya
apa itu paragraf alternatif

Jawabanmu

2016-10-13T19:12:33+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Apa arti orientasi,komplikasi,koda? orientasi adalah paragraf yang berisi pengenalan tokoh. biasanya berisi ttg siapa, kapan dan dimana. komplikasi adalah bagian yang berisi tentang permasalahan yang dihadapi oleh tokoh. sedangkan koda adalah penutup cerita yang berisi nilai moral atau kesimpulan. 1) Apakah pernyataan berikut termasuk pada bagian orientasi ? "Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan - jalan melihat taman.Ia sangat bahagia karena bisa berjalan -jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu." Jika iya tolong sebutkan alasannya jika tidak juga tolong sebutkan alasannya. ~ IYA. orientasi terletak pada paragraf awal. di sini mengenalkan tokoh utama SEMUT di TAMAN. 2) Apakah bagian komplikasi disusun dengan kalimat yang memunculkan masalah dalam teks tersebut ?Tolong alasannya. ~ IYA. komplikasi adalah bagian dari cerita yang meningkatkan daya tarik cerita dengan memunculkan masalah-masalah yang dihadapi oleh tokoh. 3) Teks tersebut berisi "Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana. " Apakah kalimat tersebut sudah sesuai dengan awal bagian komplikasi. ~ IYA. Berilah alternatif kalimat yang lain untuk memunculkan masalah. ~ Ia melihat belalang yang sedang membawa daun di punggungnya. Semut mengejeknya, karena belalang tidak seperti semut, yang saling membantu membawa apa saja. 4) Apakah kamu setuju dengan bagian koda dalam teks ini ? "Ahkirnya sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua mahluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu." Berilah alternatif yang lain untuk menyusun koda yang menarik. ~ Akhirnya sang semut menyadari bahwa tidak semua yang buruk adalah buruk. Semut pun akhirnya berteman dengan sang kupu-kuu.
1 5 1