Malam agan... :)
Tolong bantu saya dong. Yang mau komen, tolong tulis komentarnya di kolom komentar. Jika tidak saya akan melapor anda.
1. Kehidupan ekonomi kerajaan kutai berasal darimana ?? Cth : kehidupan ekonomi kerajaan tarumanegara berasal dari bidang pertanian dan peternakan.
2. Apakah kerajaan tarumanegara dan kerajaan kutai sudah melakukan perdagangan luar negri maupun dalam negri ? Jika sudah, berikan barang-barang apa saja yang diperdagangkan ?
3. Tuliskan zona perdagangan kerajaan kutai dan tarumanegara, dalam negri maupun luar negri ?
Sekian pertanyaan saya gan. :)
Sori panjang basa-basinya. :D

2
mksdx...
nggak ngerti..
@ mangka : soal nomor berapa yg gak ngerti ?

Jawabanmu

2014-07-17T19:56:34+07:00
Aku akan menjawabnya :

1. Kehidupan ekonomi di Kerajaan Kutai dapat diketahui dari dua hal berikut ini :
Letak geografis Kerajaan Kutai berada pada jalur perdagangan antara Cina dan India. Kerajaan Kutai menjadi tempat yang menarik untuk disinggahi para pedagang. Hal tersebut memperlihatkan bahwa kegiatan perdagangan telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Kutai, disamping pertanian.
Keterangan tertulis pada prasasti yang mengatakan bahwa Raja Mulawarman pernah memberikan hartanya berupa minyak dan 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana.           

Kehidupan kerajaan tarumanegara dari bidang pertanian.

Dalam bidang pertanian dibuktikan dengan  pembuatan saluran air gomati untuk irigasi sedangkan di peternakan yang di pelihara diantaranya sapi. Hal ini di buktikan  dengan adanya upacara di mana raja menghadiahkan 1.000 ekor sapi kepada Brahmana.

semoga bisa membantu ^_^
     


2014-07-17T20:02:57+07:00
1. kehidupan kerajaan kutai berasal dari sektor agraris dan beternak sehingga penduduknya cenderung statis
2.saya rasa sudah karena pernah sempat kerajaan kutai mengadakan upacara besar yang mengundang kaum brahmana dan menghibahkan ribuan ekor sapi.klo untuk taruma sendiri saya belum tau tapi klo taruma udah masuk hindu otomatis mereka udah mengenal perdagangan antar negara tapi perdangan apa saja saya tidak tau mungkin bahan sandang dan pangan.
3.saya kurang tau
semoga membantu : )