Jawabanmu

2014-03-02T09:15:38+07:00
Lari Jarak Pendek Salah satu nomor lomba dalam atletik adalah lari jarak pendek (sprint). Pelari jarak pendek disebut sprinter. Yang termasuk lari jarak pendek adalah lari 60m, 80m, 100m, 200m, 400m, 100 m gawang (untuk putri), 110 m gawang (untuk putra), dan 400 m gawang. Agar dapat melakukan lari jarak pendek dengan baik, kita harus menguasai teknik-teknik dasar, yaitu teknik start, teknik lari, dan teknik finish. a.    Teknik Start Start yang digunakan pada lari jarak pendek adalah start jongkok. Ada 3 aba-aba dalam start jongkok yaitu, “bersedia”, “siap”, dan “ya atau bunyi pistol”. Seorang pelari jarak pendek dalam perlombaan lari tidak diperkenankan berlari mendahului aba-aba ya atau bunyi pistol. Jika pelari mendahului aba-aba ya atau bunyi pistol maka akan diberikan hukuman kartu merah dan tidah boleh meneruskan lomba. Start jongkok ada 3 macam, yaitu: 1)     Start pendek (bunch start) 2)     Start menengah (medium start) 3)     Start panjang (long start) Adapun cara melakukan start jongkok adalah sebagai berikut: Bersedia -     Letakkan tangan sedikit lebih lebar dari bahu -     Jari-jari dan ibu jari membentuk huruf V terbalik dan diletakkan tepat dibelakang garis start -     Kepala dalam posisi yang nyaman sehingga leher tidak tegang -     Jarak kaki dengan garis start disesuaikan dengan kenyamanan atau tergantung dari start yang digunakan -     Pusatkan perhatian pada aba-aba selanjutnya Siap -     Angkat panggul ke arah depan atas sedikit lebih tinggi dari bahu -     Berat badan lebih ke depan -     Kepala rendah, leher tetap kendor atau tidak tegang -     Lengan lurus dan siku tidak bengkok -     Pusatkan perhatian pada aba-aba berikutnya Ya atau bunyi pistol -     Kaki depan menolak kuat-kuat, sedangkan kaki belakang melengkah dan secepatnya menyentuh tanah -     Berat badan meluncur ke depan
b.    Teknik Lari 1)  Gerakan kaki -     Kaki melangkah selebar dan secepat mungkin -     Kaki saat menolak dari tanah harus cepat, lutut ditekuk secara wajar agar paha mudah terayun ke depan -     Pendaratan kaki pada tanah menggunakan ujung kaki 2)  Gerakan ayunan lengan -     Lengan diayun dengan cepat -     Sikut ditekuk kurang lebih 90° 3)  Sikap badan -     Badan rileks, tigak bergoyang-goyang -     Pandangan ke depan Teknik lari perlu dilatih. Adapun latihan dasar lari adalah sebagai berikut: Ø  Gerak mengayun kedua lengan di tempat dengan sikap berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu Ø  Gerak mengayun tangan dan kaki di tempat dan pendaratan kaki menggunakan ujung kaki Ø  Gerakan lari cepat dengan langkah lebar dan secepat mungkin
c.    Teknik Finish Cara melakukan: -     Tetap berlari secepat mungkin tanpa mengurangi kecepatan sedikitpun -     Mendorong torso (bagian tubuh selain kepala, tangan dan kaki) ke depan agar dapat terlebih dahulu melewati garis finish.