Tiga bilangan membentuk baris aritmetika dgn beda tiga. jika suku ke-2 dikurangi 1 maka terbentuklah barisan geometri dengan jumlah 14. berapa rasionya ya.?

2
u1 = a
u2 = a + 3
u3 = a + 6

a + a+3-1 + a+6 = 14
3a + 8 = 14
3a = 6 , a = 2

sehingga U1 = 2 , U2 = 2+2 = 4 , u3 = 2 + 6 = 8

sehingga r = u2/u1 = 4/2 = 2

Jawabanmu

2014-07-17T10:44:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui :
3 buah bilangan membentuk barisan aritmatika
b = 3
Misal : U1, U2, U3 = a, (a + 3), (a + 6)
Suku ke-2 dikurangi 1 (U2 = (a + 3) – 1 = a + 2)
menjadi deret geometri dengan S3 = 14

a + (a + 2) + (a + 6) = 14
3a+8 = 14
3a = 6
a = 2

Jadi rasio :

r = (a+2) / a = (2+2)/2 = 2
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-07-17T11:21:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
\mathfrak{soal :}

tiga bilangan membentuk baris aritmetika dgn beda tiga. jika suku ke-2 dikurangi 1 maka terbentuklah barisan geometri dengan jumlah 14. berapa rasionya ya.?

\mathfrak{jawaban :}

⇒ tiga bilangan membentuk baris aritmetika dgn beda tiga, berarti :
U_{1}, U_{2},U_{3}~~~\Rightarrow~~[dgn\ beda\ tiga]

Dimana :
U₁ = a + (1-1)b
U₁ = a 

U₂ = a + (2 - 1)b
U₂ = a + b
U₂ = a + 3

U₃ = a + (3 - 1)b
U₃ = a + 2b
U₃ = a + 2(3)
U₃ = a + 6

⇒ jika suku ke-2 dikurangi 1 maka terbentuklah barisan geometri dengan jumlah 14
U₁ + (U₂ - 1) + U₃ = 14
a + {(a + 3) - 1} + (a + 6) = 14
a + (a + 2) + (a + 6) = 14
3a + 8 = 14
3a = 14 - 8
3a = 6
 a = 6/3
 a = 2

⇒ Maka Nilai "r" atau rasioanya ialah :
\boxed{r =  \frac{(U_{2}-1)}{U_{1}} }

\boxed{r =  \frac{(2+3)-1)}{2} =~ \bold{2}~~}
2 5 2