Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-15T10:55:50+07:00
Sebuah lingkaran akan dibuat segi 12 beraturan, maka akan terbentuk 12 buah segitiga sama besar dengan besar sudutnya 360 / 12 = 30°. 
Gunakan aturan kosinus untuk menentukan panjang sisi satunya:
s² = 2² + 2² - 2.2.2 cos 30 
= 4 + 4 - 8 . 1/2 √3
= 8 - 4√3
s = √(8 - 4√3) = √(8 - 2√12) = √6 - √2

Jadi, panjang sisi segi 12 itu = (√6 - √2) cm 
maaf prosesnya nyederhanainnya giamana ya√(8 - 2√12) = √6 - √2 ?
Gunakan rumus:
√[(a + b) - 2√ab] = √a - √b
oke makasih
ingat bentuk umum nya √(√(a- √b)^2 = √(a + 2√ab + b)
maka √(8 - 2√12) = √(6+2 - 2√6.2)
a = 6 dan b =2

sehingga √(√6 + √2)^2 = √6 +√2
oop,silap,itu √(√6 - √2)^2 = √6 -√2
2014-07-15T10:59:59+07:00
Segi 12 beraturan dalam lingkaran berarti mengambil 30 derajat untuk setiap bagian sisinya menuju pusat lingkaran,bila di bagi 12..

r = 2 , maka kita gunakan rumus cosinus
maka sisi :
s² = 2.r² ( 1- cos 30)
s² = 2 (4) ( 1 - 1/2 √3)
s² = 8 ( 1-1/2√3)
s² = 8 - 4 √3
s = √ ( 8 - 4√3)
maaf bisa tolong jelasin rumus awal dari ini s² = 2.r² ( 1- cos 30)
a^2=b^2+c^2-2bc .cos A

b dan c adalah r
maka :
s^2=r^2+r^2-2rr cos{360/n}
s^2=2r^2-2r^2 cos{360}/{n}
s^2=2r^2(1- cos{360}/{n}) )