Natrium karbonat bereaksi dengan asam klorida membentuk natrium klorida , CO2 dan H2O. sebanyak 50ml suatu larutan natrium karbonat tepat bereaksi dengan 60 ml asam klorida 3 M. jika diketahui masa jenis larutan 1,25g/ml , tentukanlah kadar natrium karbonat dalam larutan tersebut !

2

Jawabanmu

2014-07-14T13:56:08+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Na2CO3 + 2HCL → 2NaCl + CO2 + H2O 

mol HCl = 60 x 3 = 180 mmol 

massa Na2CO3 = (1/2)(180)(2 x 23 + 12 + 3 x 16) = 9540 mg 

massa larutan Na2CO3 = 50 x 1.25 x 1000 = 62500 mg 

kadar Na2CO3 adalah 

k = 9540/62500 

k = 15.26%

Jawaban paling cerdas!
2014-07-14T13:57:16+07:00
Na₂CO₃ + 2HCl --> 2NaCl + CO₂ + H₂
So, 1 mol 
Na₂CO₃ akan bereaksi dengan tepat 2 mol HCl. 

3 M HCl 60 ml berarti terdapat : 
3mol/L * L/1000mL * 60mL = 0.18 mol HCl 

karena 1 mol 
Na₂CO₃ bereaksi dengan tepat 2 mol HCl, maka: 
0.18 * 1/2 = 0.09 
terdapat 0.09 mol 
Na₂CO₃

Massa 
Na₂CO₃ = 0.09 * (2.23+12+3.16) 
=0.09*(106) 
=9.54 g 
Massa Larutan 
Na₂CO₃ = 1.25g/mL*50mL 
= 62.5 g 
Kadar Na2CO3 dalam larutan = 9.54/62.5*100% 
= 15.264% <--

semoga membantu :)
2 5 2