\underline{\mathfrak{soal\ Kuis :}}
Kode soal : 2014-14-7-03
Jenis soal : OSN
Level : Hard

Petunjuk :
⇒ Kerjakan dengan jawaban yg lengkap dengan caranya !
⇒ Telitilah dalam membaca maksud soal, dan menganalisis data pada soal !
Soal :
Tiga Orang A,B, dan C pinjam-meminjam kelereng.Pada awalnya ketiga orang tersebut telah memiliki sejumlah kelereng tertentu dan selama pinja-meminjam mereka tidak melakukan penambahan kelereng selain melalui pinjam-meminjam di antara ketiga orang tersebut.Pada suatu hari A meminjami sejumlah kelereng kepada B dan C sehingga jumlah kelereng B dan C masing masing menjadi dua kali lipat jumlah kelereng sebelumnya.Hari berikutnya B meminjami sejumlah kelereng kepada A dan C sehingga jumlah kelereng A dan C masing masimg menjadi dua kali lipat jumlah kelereng sebelumnya.Hari terakhir C meminjami sejumlah kelereng kepada A dan B sehingga jumlah kelereng A dan B masing masing menjadi dua kali lipat jumlah kelereng sebelumnya.Setelah dihitung akhirnya masing-masing memiliki 16 kelereng.Banyak kelereng A mula-mula adalah....

2
ah males ngerjain soal panjang gini -_-
Jawabannya 26
@Aliakbar20 : Semangat mas Ali :)
@Galladeaviero : Siip, Correct :D
mudeng bang icuk :3
@Aliakbar20 : Semangat :)

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-14T13:54:16+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Misal
kelereng mula-mula A= x
                                     B = y
                                     C = z

Hari pertama A meminjami B dan C, sehingga kelereng B dan C menjadi  2 kali lipat dari seblumnya :
B=2y
C =2z
A = x-y-z
Hari kedua B meminjami A dan C, sehingga kelereng A dan C menjadi 2 kali lipat dari hari sebelumnya :
A = 2(x-y-z) = > 2x-2y-2z
C = 2(2z) => 4z
B = 2y - 2z - (x-y-z ) = 2y - 2z -x +y + z =>  -x + 3y - z
Hari terakhir C meninjami A dan B, sehingga selereng A dan B menjadi 2 kali lipat hari sebelumnya :
A = 2(2x - 2y - 2y ) = 4x -4y - 4z
B = 2( -x + 3y - z ) = -2x + 6y -2z
C = 4z - (2x - 2y - 2z) - (-x + 3y -z ) = -x -y + 7z

4x-4y-4z = 16  (dibagi 4)
x-y-z = 4      (dikali 7)
7x-7y-7z =28
-2x+6y -2z = 16  ( dibagi 2)
-x+3x -z = 8
-x-y+7z =16 

x-y-z=4
-x+3y-z = 8
----------------- -
2x - 4y = -4

7x-7y-7z = 28
-x -y + 7z =16
------------------ +
6x -8y = 44      (dibagi 2 ) => 3x - 4y =22

3x-4y = 22
2x -4y = -4
--------------- -
x=  26

kelereng mula-mula A =26

@Rirismaulidina & @Aliakbar : Iya, jadi soal diatas itu kata-katanya dibuat berbelit-belit agar mengasah daya analisa soal saja. Dan kata kuncinya hanya berada pada tiga kalimat pada soal tsb, sehingga dapat kita buat model matematikanya. Salam Indonesia Cerdas :D
itu soal ada cara cepetnya gak gak? hehhe
ada kok
cara cepatnya seperti yg udah kamu kerja hahaha
:D
2014-07-14T14:20:35+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Misal :
Kelereng A = x
Kelereng B = y
Kelereng C = z

Jumlah kelereng yang dipinjami oleh A = N
x + y + z = 48 ...(1)

Hari I : A meminjami kelreng sejumlah N kepada B dan C, maka :
Jumlah kelereng A= x – N
Jumlah kelereng B= 2y
Jumlah kelereng A= 2z
(x-N) + 2y + 2z = 48 ...(2)

Hari II : B meminjami sejumlah kelereng kepada A dan C, sehingga :
Jumlah kelereng A= 2(x – N)

Hari III : C meminjami sejumlah kelereng kepada A dan B, sehingga :
Jumlah kelereng A= 4(x – N) = 16

4x – 4N = 16
x – N = 4 ....(3)
(2)..(3) 
(x-N) + 2y + 2z = 48
4 + 2y + 2z = 48
2y + 2z = 44
y + z = 22....(4)
(4)..(1)
x + y + z = 48
x + 22 = 48
x = 26
Jadi kelereng A = 26 buah