\underline{\mathfrak{soal\ Kuis :}}
Kode soal : 2014-14-7-01

Jenis soal : OSN Matematika SMP
Level : Medium

Petunjuk : Kerjakan dengan jawaban yg lengkap dengan caranya !
Soal :

Jika a, b, c, dan d adalah bilangan bulat positif dibagi 13 berturut-turut bersisa 12, 9, 11 dan 7, maka 3a + 4b - 3c + 2d dibagi 13 akan bersisa....

2

Jawabanmu

2014-07-14T13:02:59+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
A, b,c, d dibagi 13 berturut turut akan bersisa 12, 9, 11, dan 7.

anggap aja deh:
a = 12 ; b = 9 ; c = 11 dan d = 7

subtitusi langsung:
3a + 4b - 3c + 2d
= 3(12) + 4(9) - 3(11) + 2(7)
= 36 + 36 - 33 + 14
= 72 - 33 + 14
= 39 + 14
= 53

trus dibagi 13
53/13
= 4 sisa 1.

jadi, nilai 3a + 4b - 3c + 2d akan bersisa 1
Jawaban paling cerdas!
2014-07-14T13:28:41+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
a = 13k + 12 ; b = 13l + 9 ; c = 13m + 11 ; d = 13n + 7
3a + 4b – 3c + 2d = 3(13k + 12) + 4(13l + 9) – 3(13m + 11) + 2(13n + 7)                      
                           = 13(3k + 4l – 3m + 2n) + (36 + 36 – 33 + 14)
                      
                           = 13p + 53
                           = 13p + 13.4 + 1
                           = 13(p + 4) + 1
 Jadi 3a + 4b – 3c + 2d dibagi 13 akan bersisa 1 
Hebat ! Jawaban mas alvian mantapp :D