Keliling sebuah segitiga sama kaki adalah 24 m dan tinggi pada alasnya adalah 4 m. Panjang alas segitiga sama kaki tersebut adalah ... m

2
K = 24
a + a + b = 24
2a + b = 24
b = 24 - 2a

a² = (½b)² + t²
a² = ¼b² + t²
a² = ¼(24 - 2a)² + t²
a² = ¼(576 - 96a+ 4a²) + 4²
a² = 144 - 24a+ a² + 16
24a = 160
a = ²⁰/₃ cm

b = 24 - 2a
b = 24 - 2(²⁰/₃)
b = 2(12 - ²⁰/₃)
b = 2(¹⁶/₃)
b = ³²/₃
b = 5,4 cm

Jawabanmu

2014-07-14T13:57:46+07:00
Misal sisi2 segitiga sama kaki a dan b
jadi kΔ= 2a + b
24= 2a + b, ⇒ ruas kanan dan kiri sama2 dibagi 2
12= a + \frac{1}{2} b
 \frac{1}{2} b= 12 - a ...(1)
dengan menggunakn rumus phitagoras pada segitiga sama kakinya
√(a² - t²)=  \frac{1}{2} b
√(a² - 16)= 12 -a
a² - 16= 144 - 24a + a²
24a= 144 + 16
a= \frac{160}{24} =  \frac{20}{3}
masukkan dalam pers. 1
b= 12 -  \frac{20}{3}
b=  \frac{16}{3}



di pilihan jawabannya adanya a. 8 b.10 c. 32/3 d. 12 e. 40/3
maaf ada kesalahan kecil
yang benar inih
\frac{1}{2} b= 12- \frac{20}{3}
(1/2)b = 12 - 20/3
= 16/3
b= 32/3
Jawaban paling cerdas!
2014-07-14T14:09:36+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui Δ sama kaki kelilingnya 24 m dan tinggi 4 m
Misal Δ nya ABC dan tengah-tengah AB adalah D.
AC = BC = a m dan AD = BD = x m dan CD = 4 m
Gunakan Pythagoras :
BD² = BC² - CD²
  x² = a² - 16
  x  = √(a² - 16)
Keliling Δ = 24
2a + 2x = 24 ⇔ a + x = 12
                   ⇔ a + √(a² - 16) = 12
                   ⇔ √(a² - 16) = 12 - a
                   ⇔ a² - 16 = (12 - a)²
                   ⇔ a² - 16 = 144 - 24a + a²
                   ⇔ 24a = 160 maka a = 160/24 = 20/3
2a = 2(20/3) = 40/3
Jadi, Panjang alas Δ sama kaki tersebut adalah 40/3 m

trim's sudah menandai jawabanku yang terbaik
yang dicari khan alas segitiga, bukankah alasnya = 2x. panjangnya khan AB
Pada garis AB kan ada titik D yang dihubungkan ke C sebagai tinggi. AD = x dan DB = x, jadi memang betul AB = 2x. Maaf saya yg salah.
x = √(a² - 16) = √(400/9 - 144/9) = x = √256/9 = 16/3. Jadi panjang alas = 2x = 2(16/3) = 32/3 m. Kesalahan saya sudah diperbaiki. Sekali lagi maaf yaa :)