Hukum III newton adalah "Jika benda pertama memberikan gaya pada benda kedua maka benda ke dua akan memberikan gaya balasan yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan"
contoh: ketika kita menekan benda. misalnya, kita menekan meja makan. semakinkeras kita menekan meja makan, maka tangan kita semakin sakit. hal ini dikarenakan meja memberikan gaya dorong yang besarnya sama dengan gaya tekan yang kita berikan.
Terima kasih....
sama"

Jawabanmu

2014-02-03T18:45:51+07:00
Jika benda pertama mengerjakan gaya pada benda ke 2, maka benda kedua akan mengerjakan gaya pada benda pertama, yang besarnya sama dan arah berlawana :)
contohnya : seorang anak memakai skateboard dan berdiri menghadap tembok :)
2014-02-03T18:50:55+07:00
Setiap ada gaya aksi yang dikenai pada suatu benda maka akan timbul gaya reaksi yang sama besar namun berlawanan arah.                                                                                                                                         contoh:Pasangan gaya aksi-reaksi misalnya pada seorang siswa yang menarik tali yang terikat pada paku di dinding. Gaya aksi adalah gaya tarik anak pada tali. Gaya gesek pada tangan siswa yang timbul bukan gaya reaksi, melainkan gaya tegangan tali itulah  gaya reaksi