*Soal Kimia SMA* pakai cara yg lengkap ya !

1) Jika diketahui larutan CH3COONa 0,1 M dan Ka CH3COOH = 10−5.Tentukan : a. reaksi hidrolisis garam tersebutb. pH larutan garam tersebut ?

2) Diberikan larutan 250 mL HCl 0,02 M yang dicampurkan dengan 250 mL NaOH 0,01 M. Tentukan pH larutan yang diperoleh!

3) Dari beberapa larutan berikut ini yang tidak mengalami hidrolisis adalah...
A. NH4Cl
B. CH3COONa
C. K2SO4
D. CH3COONa
E. CH3COOK

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-12T05:21:46+07:00
Bismillah, saya coba bantu ya ..

1) Diket : CH3COONa 0,1 M
              Ka CH3COOH = 10
⁻⁵
CH3COONa termasuk garam yang berasal dari basa kuat dan asam lemah.Mengalami hidrolisis anion.Larutan bersifat basa
a. reaksi hidrolisis garam reaksi hidrolisis yang terjadi seperti berikut :

CH₃COONa (aq) -> CH₃COO⁻(aq) + Na⁺(aq)CH₃COO⁻(aq) + H₂O(l) <=> CH₃COOH(aq) + OH⁻(aq)

b. pH larutan garam tersebut
Menentukan konsentrasi anion yang terhidrolisis terlebih dahulu :
CH₃COONa (aq) -> CH₃COO⁻(aq) + Na⁺(aq) 0,1 M 0,1 M Konsentrasi OH− nya gunakan : [OH⁻] = √ Kw/Ka x M
Dimana :
Kw = tetapan kesetimbangan air
Ka = tetapan ionisasi asam lemah
M = konsentrasi anion yang terhidrolisis

Sehingga :
[OH⁻] = √10⁻¹⁴/10⁻⁵ x 0,1
         = √10⁻¹⁰ = 10⁻₅ M
pOH = - log [OH⁻] = - log 10⁻⁵ = 5
pH    = 14 - 5 = 9 <--

2) Tentang campuran asam kuat dan basa kuat. pH campuran tergantung dari sisa reaksi jika ada. Terlebih dahulu menentukan mol-mol asam - basa yang bereaksi untuk kemudian mengetahui sisanya.
Dari 250 mL HCl 0,02 M diperoleh data :
V = 250 mL
M = 0,02
mol = V × M = 250 × 0,02 = 5 mmol

Dari 250 mL NaOH 0,01 M diperoleh data :
V = 250 mL
M = 0,01
mol = V × M = 250 × 0,01 = 2,5 mmol

Reaksi yang terjadi :
             HCl + NaOH -> NaCl + H₂O
Awal    :  5         2,5
Reaksi : 2,5        2,5
Sisa     : 2,5

Tersisa 2,5 mmol HCl pada volume campuran V = 250 mL + 250 mL = 500 mL. Sehingga [H+] adalah
[H+] = 2,5 mmol / 500 mL = 5 × 10
⁻³ mol/L = 5 × 10⁻³ M
pH campurannya : pH = − log [H+] = − log (5 × 10−3) = 3 − log 5 = 2,3 <--

3) Yang tidak mengalami peristiwa hidrolisis adalah garam yang berasal dari asam kuat dan basa kuat. K2SO4 berasal dari KOH dan H2SO4 yang masing-masing berturut-turut merupakan basa kuat dan asam kuat.Jadi jawabannya yang C.K2SO4

semoga membantu :)
2014-07-12T05:39:30+07:00
1.CH₃COONa berasal dari hidrolisis parsial basa(basa kuat - asam lemah)

a).CH₃COOH + NaOH   <=> CH₃COONa + H₂O
  (as.lemah)    (bas.kuat)        (garam)        (air)
b).  pH CH₃COONa.......?
[OH
⁻] = √Kw/Ka x [G]
[OH⁻] = √10⁻¹⁴/10⁻⁵ x (0,1)
[OH⁻] = √10⁻¹⁰ = 10⁻⁵          
 pOH = -log [OH⁻] = -log [10⁻⁵] = 5        
   pH = 14-5 = 9

2. 
[H+] = 2,5 mmol / 500 mL = 5 × 10⁻³ mol/L = 5 × 10⁻³ M 
pH campurannya : pH = − log [H+] = − log (5 × 10
⁻³) = 3 − log 5

3. yang tidak mengalami hidrolisis adalah K₂SO₄ karena berasal dari Asam kuat (H₂SO₄) dan basa kuat (KOH)