Jawabanmu

2014-07-11T19:50:30+07:00
F.D.K Bosch yang mngutarakan tentang teori Kesatria, bahwa HIndu masuk ke indonesia dibawa oleh para kesatria dari India
Vanleur mengutarakan teori Brahmana, bahwa Hindu dibawa ke Indonesia oleh para Brahmana( pendeta) karena mereka yang lebih mengerti kitab Weda
N.J  Krom mengutarakan teori Waisya, Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang
1 1 1
2014-07-11T20:02:42+07:00
1. FDK Bosch adalah pencetus teori Ksatria yang menyatakan bahwa para Ksatria yang kalah perang kemudian bermigrasi ke daerah lain dan dianggap sampai menuju ke daratan Nusantara, lalu menyebarkan agama Hindu. (Namun, ada bbrp informasi yang menyatakan bahwa FDK Bosch adalah pencetus teori arus balik, kalau mau lebih lanjut silakan mencari sumber2 yg lebih detail lagi :) )
2. J. C. Van Leur adalah pencetus teori Brahmana yang menyatakan bahwa para Brahmana dari India diundang langsung oleh penguasa di Nusantara untuk melakukan acara penobatan raja secara Hindu, sekaligus menyebarkan agama Hindu.
3. N.J. Krom adalah pencetus teori Waisya yang menyatakan bahwa agama Hindu dibawa masuk oleh kaum pedagang yang berlayar hingga sampai ke daratan Nusantara untuk berdagang sambil menyebarkan ajaran agama tsb.
1 5 1