Sebuah prisma tegak segitiga luas bidang alasnya 24 cm² dan luas bidang sisi-sisinya adalah 150 cm², 120 cm², dan 90 cm². Volume prisma itu adalah ....

mohon penjelasannya ...

2
V = L.alas x t
= 24 x 15
= 360 cm³
panjang sisi segitiga:
L = 1/2.a.t
24 = 1/2.a.t
48 = a.t

a : 6
t : 8
sisi miring : 10

150 : 10 = 15
120 : 8 = 15
90 : 6 = 15
tinggi prisma adalah 15 cm

volume prisma :
V = L.alas x t
= 24 x 15
= 360 cm³

Jawabanmu

2014-07-11T18:27:09+07:00
Kita cari panjang sisi sisi alasnya
karena alasnya segitiga maka 24×2=48

alasnya pasti segitiga siku siku
jumlah sisi siku sikunya pasti 48

ada tripel phytagoras 6,8,10
6×8=48

jadi sisi sisi alasnya 6,8,10

sekarang kita cari tinggi prisma

kita ambil contoh salah satu sisi tegak dan alasnya
contoh: 90 dan 6
90 : 6= 15

jadi tinggi prisma 15cm

volume=la×t
volume=24×15
volume=360cm³
2 4 2
Jawaban paling cerdas!
2014-07-12T01:21:30+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Luas alas = 24 cm²
Luas alas = 1/2 alas x tinggi
24 = 1/2 alas x tinggi
48 = a x t (pers 1)

pada tripel phytagoras terdapat :
6, 8 , 10
sisi miring yaitu sisi yang paling panjang yakni =10
tentu saja => alas x tinggi = 6 x 8 = 48 <== terbukti pada persamaan 1
untuk mengetahui tinggi prisma maka.
150 :10 = 15
120 : 8 = 15
90 : 6 =15
hal ini membuktikan bahwa tinggi prisma =15

maka volume prisma = luas alas x tinggi prisma
volum prisma = 24 x 15 = 360 cm³
4 4 4