Jawabanmu

2014-07-08T10:58:22+07:00
Kalo menurut saya, untuk bisa ngerti baca Al-Qurannya, ya wajib. Supaya apa yang sudah kita baca, bisa dimengerti serta diaplikasikan di dalam kehidupan dan bukan menjadi ilmu doang.
Kalo dalilnya, saya tidak tau, karena sy non muslim.
Semoga membantu :)
Kalau menurut saya itu opsional,untuk pendidikan agama islam itu wajib karena harus membaca kitab klasik jaman dulu yang menggunakan arab gundul/melayu dan bahasa arab tinggi (sejenis kayak bahasa baku yang suka dipakai mario teguh).tapi sebagai penganut agama islam sedikit banyaknya perlu lah.
ini dalil al quran

"Sesungguhnya kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya" (Q.S. Yusuf: 2).
Al-Hadits
"Cintailah bahasa arab karena tiga: karena aku berbangsa arab, Al-qur’an berbahasa arab, dan kalam ahlu al-jannah (penduduk surga) adalah bahasa arab”. Disebutkan oleh ibnu ‘asakir dalam terjemah zahir ibn Muhammad ibn ya’qub.
jadi wajib ya ?
2014-07-08T10:59:16+07:00
Analoginya seperti ini
agar solat kita diterima,kita harus khusyu' , salah satu caranya dengan memahami bacaan solat kita, surah surah dalam alqu'an menggunakan bahasa arab, jadi kita harus bisa bahasa arab.
itu penjelasan dari sudut pandang seorang muslim.. selain itu bahasa arab adalah bahasa Rasulullah saw dan para nabi yang lain.
kalo sebagai pelajar, itu wajib (bagi sekolah yang menerapkan), karena wawasan akan dunia luar semakin banyak. lagipula bahasa adalah kunci dunia.

kurang lebih seperti itu, semoga membantu :)
1 4 1