Tiga bilangan bulat positif membentuk barisan aritmetika dengan beda 16. jika bilangan terkecil ditambah 10 dan bilangan terbesar dikurangi 7 maka diperoleh barisan geometri. jumlah ketiga bilangan tersebut adalah

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-07T17:16:03+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Barisan aritmatika=a,a+16,a+32
setelah dijadikan geometri=a+10,a+16,a+25
cari U1 di geometri=a+16/a+10=a+25/a+16
kali silang=a^2+32a+256=a^2+35a+250
3a=6
a=2
barisan aritmatika=2,2+16,2+32
Jumlah ketiga bilangan tersebut=2+(2+16)+(2+32)=54
2014-07-07T17:40:54+07:00
U1 = a
U2 = a + 16
U3 = a +32
untuk deret geometri
U1 =  a + 10
U2 = a + 16
U3 = a + 25
.
(a+16)/(a+10) = (a+25)/(a+16)
(a+16)² = (a+10)(a+25)
a² + 32a + 256 = a² + 35a + 250
 6 = 3a
a = 2
.
maka 
U1 + U2 + U3 = 3a + 48
= 3(2) + 48
= 6 + 48 = 54