Seorang pedagang membeli 1000 kg tepung dengan harga 150/kg. Dia telah menjual sebanyak 4000 kg dengan keuntungan 25%. Pada harga berapa harus dia jual sisa (600 kg) tepung agar rata-rata keuntungan seluruhnya mencapai 30%.

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-07-06T09:02:41+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Beli 1000 Kg, yg 4000 Kg itu harusnya 400 Kg (salah ketik)
Beli 1000 kg tepung dgn harga 150/kg
Jual 400 kg dgn untung 25%
sisa 600 kg jual harga x dgn untung 30% (berarti disini dpt untung 5% karena yg diminta total untung = 30%)

harga asli = 150 x 1000 = Rp. 150.000
jika mau untung 30% maka:
Rp 150.000 + (30/100 x Rp. 150.000) = Rp. 195.000
400 kg x 25/100 x 150.000= 15.000.000
600 kg x 5/100 x 150.000 = 4.500.000

harga ia harus jual:
150/45 = 45000/x
1/45 = 3000/x
x = Rp. 135000
jd ia harus jual Rp. 135000

dari 30/100 x Rp. 150.000
yg 600kg ia harus jual 13500
tapi 13500/600= 22,5. padahal dia beli 150/kg kalo gitu mana untungnya yaa?
sorry salah ketik
135.000
udh saya edit jawabannya
ooiyaa, itu kenapa bisa sampe 15juta dan 4,5juta?
itu soal dari bab persamaan dengan satu variabel
2014-07-06T16:28:56+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Jika 1000kg, maka harganya =
1000kg x 150 = 150.000
Mungkin itu 400kg, maka total harga setelah untung :
150 x 125% = 187.5 x 400 = 75.000
Maka jika rata-rata untungnya 30% =
150 x 130% = 195 x 1000 = 195.000(total semua)
maka 195-75 = 120
nah berarti 120.000rupiah

nidaaaa ini bener kaya gitu yg di buku gua jg sama hasilnya 120.000 ;) mksh
haha iyaaa ini kayanya yg bener xD
iyaa yg ini yaa bener xD
iyaaa ini bener yg ini xD
sipppp xD