Perbandingan panjang jari-jari dua buah 1 : 2 dan
jarak kedua pusat lingkaran tersebut 15 cm. Jika panjang garis singgung
persekutuan dalam kedua lingkaran 12 cm, maka panjang jari-jari salah
satu lingkaran adalah ….



A 2 cm
B 3 cm
C 4 cm
D 5 cm

2

Jawabanmu

2014-07-04T13:54:57+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui rumus
GSPD²=Jarak kedua pusat²-(r1+r2)²
DItanya panjang jari-jari salah satu lingkaran
Dijawab=
12²=15²-(r1+r2)²
r1+r2=√225-144=9 cm
Diketahui perbandingan 1:2 maka r1=1/3.9=3 cm
dan r2=2/3.9=6 cm
ditanya panjang salah satu jari-jari
di pilihan 6 gak ada jadi jawabannya B.3 cm
Jawaban paling cerdas!
2014-07-04T15:45:34+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Pakai rumus pytagoras, dimana, 15 adalah sisi miring nya
=> 9, 12, 15

maka jumlah panjang jari2 adalah 9cm
karna perbandingan nya 1:2 jumlah = 3x
3x=9
x=9/3 = 3
1 5 1