Jawabanmu

2014-02-03T16:44:37+07:00
Ni bahan-bahan yang diperlukan : Magnet
Dioda
Kabel
Kawat
tembaga,, tipis aja, aku sih pake yang diameternya 0,012mm
Paralon /PVCKapasitor
Selotip
SwitchLampu
LEDSolder
Timah
Sandal Jepit
Gunting
Pulpen Sebelumnya , cara menyolder sama seperti cara mengelem kertas , bedanya kali ini kita memakai timah. Panaskan solder, lalu sentuhkan dengan timah .
 Setelah terbentuk sedikit cairan , kenakan solder ke bagian yang akan di hubungkan. Timah tadi akan menyambungkannya.
 Cara kerjanya: Siapkan PVC dulu , kira-kira sepanjang senter yang kamu inginkanGunting atau potong sandal jepit berbentuk lingkaran, dengan diameter sama dengan diameter PVC. Agar lebih mudah , gambar lingkaran dulu di kertas dengan pulpen lalu cetak sandal jepitnya. Buat 2 buah.Tutup ujung 1 PVC, masukkan magnet ke dalamnya, tutup ujung lainnya. Selotip kedua ujungnya agar magnet tetap berada di dalam PVC.Buat kumparan di PVC dari kawat tembaga , buat dengan cukup tebal, panjang kumparannya kira-kira sama dengan tebal magnet yang digunakan. Sisakan kawat tembaga di kedua sisinya untuk membuat rangkaian.Selotip kumparan. pastikan kumpatan aman dan tidak bergeser lagi. Kamu bisa membuat cangkang tempat kumparan di PVC dari kertas atau apa pun agar memastikan kumparan terpasang aman.Sekarang , cek LED nyala atau gak. Caranya lilitkan LED di kedua ujung kumparan. Lalu kocok PVC. Jika lampu menyala maka LED bisa digunakan. Lalu lepaskan LED.Siapkan kapasitor. Kalau mau pakai 2 kapasitor boleh, sambungkan kaki positif dengan positif begitu juga yang negatif dengan solder. Bagian negatif adalah bagian kapasitor yang berwarna abu-abu.Sambungkan kapasitor dengan dioda. Positif dengan posirif, begitu juga yang negatifnya. Dengan solder.Kaki dioda yang lainnya lilitkan atau solder dengan kedua ujung kumparan tadi.Ambil LED. Solder bagian positifnya dengan resistor, lalu hubungkan resistor ke kapasitor-dioda positif.Bagian negatif LED solder dengan switch. Bagian switch lainnya solder dengan kabel , kabel ini lalu dihubungkan dengan kapasiitor-dioda negatif. Letakkan LED dengan selotip di bagian ujung PVC atau bagian yang enak untuk menjadi temapt lampu senter.Udah deh.Kocok2  senter,Nyalakan switch.Dan tara…. Nyala deh, Tinggal memberi kerangka sente