Jawabanmu

2014-07-02T13:53:10+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
- saling hormat menghormati terhadap sesama pemeluk agama
- saling mengahargai dan menerima budaya daerah lain yang ada di Indonesia
mencintai tanah air dengan tulus akan membawa negara ini pada suatu persatuan, kesatuan, dan cenderung mengesampingkan segenap perbedaan
saling pengertian dalam menghadapi segala perbedaan dalam nilai dan norma, agama, kebudayaan, ras, suku bangsa, serta adat istiadat agar tercipta kerukunan antar masyarakat.


*smoga membantu
33 4 33
2014-07-02T13:54:04+07:00
1)Di era reformasi kemajemukan masyarakat cenderung menjadi beban daripada modal bangsa Indonesia. Hal ini terlihat dari munculnya berbagai masalah yang sumbernya berbau kemajemukan, khususnya bidang agama. Agama yang seharusnya menjadi solusi atas berbagai masalah sosial, justru memicu timbulnya permasalahan sosial. Hal ini disebabkan kurang adanya pembahasan tentang tanggung jawab sosial umat beragama.

2)Kini semangat kebersamaan semakin menurun, dan intoleransi semakin menebal ditandai dengan meningkatnya rasa benci dan saling curaga di antara anak bamgsa. Hal ini disebabkan semua kelompok agama belum yakin bahwa inti dasar setiap agama adalah toleransi – perdamaian – anti kekerasan.Untuk mencegah dan menanggulangi berbagai permasalahan sosial, perlu dibangun dan dikembangkan toleransi dalam kehidupan pada masyarakat majemuk.

3)Untuk membangun dan mengembangkan toleransi digunakan pendekatan sistem sosial dan sistem budaya. Membangun toleransi dengan mengunakan pendekatan sistem sosial, dimaksudkan adanya hubungan melalui inter group relation , yakni hubungan antar anggota-anggota dari berbagai kelompok. Sedangkan membangun toleransi dengan menggunakan pendekatan sistem budaya, maksudnya dalam melaksanakan segala kegiatan berpedoman dari nilai-nilai umum yang berlaku bagi setiap anggota suatu komunitas.,

4)Dengan berkembangnya toleransi, maka terjalinnya hubungan antar anggotaanggota dari berbagai kelompok, hal ini dapat menetralisir terjadinya konflikkonflik sosial dan tidak khawatir akan terjadinya fanatisme sempit serta sentimensenrimen yang bersifat primordial. Disampint itu, interaksi yang dilakukan dalam kehidupan bersama mengacu kepada nilai-nilai umum yang diunjung oleh semua warga masyarakat. Kondisi ini dapat memperkuat ketahanan sosial pada masyarakat plural/majemuk.
7 4 7