Jawabanmu

2014-07-01T13:36:14+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Karya Sastra Kuno Berbentuk Prosa

Sang Hyang Kumahayanikan adalah karya sastra yang memuat ajaran agama Buddha Mahayana dan susunan dewa dewi, dibuat pada masa Mpu Sendok (929-947 M).
Adiparwa adalah buku pertama (parwa) dari kisah Mahabharata.
Subhaparwa adalah buku kedua Mahabharata yang berisi pengasingan Pandawa Lima.
Udyogaparwa adalah buku kelima Mahabharata yang berisi misi Kresna untuk menengahi konflik Pandawa dan Kurawa.
Bhismaparwa adalah bagian terpenting Mahabharata karena memuat Bhagawad Gita.
Kakawin Sutasoma mengajarkan toleransi antaragama Hindu-Syiwa dan Buddha. Di dalam salah satu bagiannya terdapat ungkapan Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi semboyan nasional kita.
Brahmandapurana adalah kitab yang memuat ajaran agama Hindu Syiwa, asal usul dunia, munculnya empat kasta, tahapan para brahmana, dan lain-lain.
Kitab Kunjarakarna berdasarkan agama Buddha, menceritakan raksasa yang bernama Kunjarakarna.

Karya sastra Hindu-Buddha itu kini banyak yang disimpan di negeri Belanda, karena pada masa penjajahan dulu Belanda berhasil membawa dan menyelamatkan beragam bentuk karya sastra yang ada di berbagai kerajaan. .