Seorang penjahit akan membuat 2 model pakaian. dia mempunyai persediaan kain batik 40 meter dan kain polos 15 meter. model A memerlukan 1 meter kain batik dan 1,5 meter kain polos, sedangkan model B memerlikan 2 meter kain batik dan 0,5 meter kain polos. maksimum pakaian yang mungkin banyak di buat adalah....

2

Jawabanmu

2014-07-01T13:09:57+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
kain~batik=x \\ kain~polos=y \\  \\ x+2y=40 \\ 1,5x+0,5y=15~~dikali~4=>~6x+2y=60 \\  \\ 6x+2y=60 \\ x+2y=40 \\ ------~eliminasi \\ 5x=20 \\ x=4 \\ y=18 \\  \\ maka~jumlah~maksimum~pakaian~yang~dapat~dibuat=4+18=22~pakaian
1,5x + 0,5y = 15 persamaan dikalikan "4" . angaka 4 darimana ? kenapa harus angka 4
1,5x + 0,5y = 15 persamaan dikalikan "4" . angaka 4 darimana ? kenapa harus angka 4
untuk memudahkan eliminasi, saya menyamakan y nya, kan yang satu 2y yang satunya 0,5y, yang 0,5 ini saya kalikan 4 bar jadi 2y
Jawaban paling cerdas!
2014-07-01T13:22:44+07:00
Model A = x, model B = y
kain batik -> x + 2y = 40
kain polos -> 1,5x + 0,5y = 15 persamaan dikalikan 4 -> 6x + 2y = 60
persamaan 6x + 2y = 60 dikurangkan dng persamaan x + 2y = 40 -> 5x = 20 -> x=4
subtitusi ke salah satu pesamaan  menjadi: x + 2y = 40 -> 4 + 2y = 40
                                                                                   ->  2y = 36 -> y = 18
nilai maksimum pakaian yang mungkin di buat adalah : x + y = 18 + 4 =22 

kenapa harus di kalikan dengan 4 ??
gak harus sih, itu cuma supaya y nya itu hilang, klo mau kali bilangan lain gak papa tapi kan repot soalnya salah satu variabel x atau y harus hilang biar bisa lanjut.
ow .. jadi gitu, trimakasi atas bantuanya. aku jadi ngerti.. :)