Diketahui a, a+b , dan a + 5b merupakan 3 suku pertama suatu barisan geometri. Jika a, a+b, x, y , z merupakan 5 suku pertama suatu barisan aritmetika dan x +y + z = 15, maka suku ke 10 barisan aritmetika tersebut adalah.....

2

Jawabanmu

2014-06-30T17:45:34+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Barisan geometri=a,a+b,a+5b
beda antar barisan=a+b/a,a+5b/a+b
kali silang=(a+b)^2=a(a+5b)
a^2+2ab+b^2=a^2+5ab
b^2=3ab
b=3a
maka barisan tersebut menjadi a,4a,16a
barisan aritmatika=a,a+b,x,y,z
x+y+z=15
y-x=z-y
2y=x+z
2y+y=15
3y=15
y=5
barisan aritmatika=a,a+b,x,5,z
a,4a,7a,10a,13a
5=10a
a=1/2
1/2,2,7/2,5,6,5
b=2-1/2=3/2
Setelah diketahui b maka suku ke 10 barisan aritmatika tersebut=1/2+(9).3/2=1/2+27/2=28/2=14
Jawaban paling cerdas!
2014-06-30T23:13:16+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Barisan geometri a , a+b , a+5b, maka
a+b = a+5b ⇔(a+b)² = a(a+5b) ⇔ a²+2ab+b² = a²+5ab ⇔ b² = 3ab ⇔ b = 3a
  a      a+b
Barisan geometrinya menjadi a , 4a , 16a

Barisan Aritmetika a , a+b , x , y , z dan x + y + z = 15
y - x = z - y ⇔ 2y = x + z ⇒ x + y + z = 15
                                     ⇔ 3y = 15 ⇒ y = 5
Barisan Aritmetika a , 4a , x , 5 , z ⇔ a , 4a , 7a , 10a , 13a berarti
10a = 5 ⇒ a = 1/2
Barisan Aritmetika 1/2,2,7/2,5,13/2 , ... berarti suku pertama a = 1/2 dan beda b = 3/2
Suku ke 10 adalah U10 = a + 9b = 1/2 + 9(3/2) = 1/2 + 27/2 = 28/2 = 14
Jadi, U10 = 14