Kimia dasar, nohon bantuannya semua

1. Suatu industri pengolahan Alumunium membutuhkan 40 gram Alumuium untuk dibakar dengan oksigen pada temperature 650 Derajat Celcius pada tekanan atmosfir menghasilkan Alumunium Oksida, tentukan


a. Berapa banyak oksigen diperlukan untuk pembakaran tersebut

b. Berapa banyak alumunium oksida yang nantikan akan dihasilkan

2. Pabrik samata dalam proses produksinya memerlukan 25 liter Barium Nitrat dengan konsentrasi 2 M nantikan akan direaksikan dengan Asam Sulfat dengan konsentrasi 0,5 M pada tekanan tetap. Tentukan


a. Reaksi kimia yang terbentuk

b. Volume Asam Sulfat yang diperlukan
c. Massa zat-zat yang terbentuk

3. Proses pembakaran bahan bakar kendaraan mengeluarkan gas CO2. Jika 1,5 v1023 molekul CO2, berapa gram massa molekul CO2 tersebut
Diketahui :
Ar Ba = 135, N = 14, O = 16, C = 12, H = 1, Al =23

2

Jawabanmu

2014-06-30T14:46:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.  Suatu industri pengolahan Alumunium membutuhkan 40 gram Alumuium untuk dibakar dengan oksigen pada temperature 650 Derajat Celcius pada tekanan atmosfir menghasilkan Alumunium Oksida, tentukan
a. Berapa banyak oksigen diperlukan untuk pembakaran tersebut
b. Berapa banyak alumunium oksida yang nantikan akan dihasilkan

mol Al = 40 / 23 = 1,73 mol
- buat reksinya kemudian gunakan perbandingan koef = perband mol
Reaksinya :
                             2Al     +    3/2 O2  ----->    Al2O3
perband koef            2               3/2                   1   
perband  mol         1,73              1,2975                0,865

maka banyaknya oksigen yang dibutuhkan :
mol O2 = 1,2975 mol
massa O2 = mol x Mr = 1,2975 x 32 = 41,52 gram

jika yang ditanyakan volume :
P = 1 atm
T = 650 C = 923 K
R = 0,082
V = n R T / P = 923 x 0,082 x 1,2975 =  98,2 L

Maka banyaknya Al2O3 yang dihasilkan :
massa Al2O3 = 0,865 x 94 = 81,31 gram

2. Pabrik samata dalam proses produksinya memerlukan 25 liter Barium Nitrat dengan konsentrasi  2 M nantikan akan direaksikan dengan Asam Sulfat dengan konsentrasi 0,5 M pada tekanan tetap. Tentukan

a.  Reaksi kimia yang terbentuk
b.  Volume Asam Sulfat yang diperlukan
c.  Massa zat-zat yang terbentuk

a.                       Ba(NO3)2  +    H2SO4    ------>    BaSO4    +    2HNO3
b. karena asam sulfat tidak diketahui volumenya berart kita menggunakan "perbandingan koefisien = perbandingan mol", terlebih dahulu kita cari mol barium nitrat ya :)
mol Ba(NO3)2 = M x V = 25 L x 2M = 50 mol
maka

                       Ba(NO3)2  +    H2SO4    ------>    BaSO4    +    2HNO3
perband koef          1                    1                          1                2
perband mol           50                  50                      50                100

maka mol asam sulfat = 50 mol
volume asama sulfat (STP) = 50 x 22,4 = 1120 L
c massa zat yang terbentuk :
massa BaSO4 = mol x Mr = 50 x 231 =11550 gram
massa HNO3 = 100 x 63 = 6300 gram

3.  Proses pembakaran bahan bakar kendaraan mengeluarkan gas CO2. Jika 1,5 v1023 molekul CO2, berapa gram massa molekul CO2 tersebut
gunakan rumus :

massa
= (jumlah molekul x Mr) / bilangan avogadro
= (1,5 x 10^23  x  44) / 6,02 x 10^23
= 10,96 gram

(bilangan avogadro ada juga yang dituliskan 6 x 10^23)

semoga membantu :)
tolong dalam memberikan pertanyaan tidak komulatif/ banyak, mungkin 1 pertanyaan sudah cukup, karena dengan 3 pertanyaan seperti di atas minat penjawab biasanya berkurang :)
usahakan sesuaikan dengan poin yang diberikan :)
terima kasih :)
semoga bermanfaat:)
jika ada kesalhan mohon koreksinya :)
Jawaban paling cerdas!
2014-06-30T17:15:29+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1)
mol Al =  \frac{40}{23} = 1,74 mol

1) 2Al      +  \frac{3}{2} O₂ ⇒ Al₂O₃
1,74 mol      1,305 mol        0,87 mol

a. massa O₂ = mol x Mr =  1,305 x 32 = 41,76 gram
b. massa Al₂O₃ = mol x Mr = 0,87 x 94 = 81,78 gram

2)
mol Ba(NO₃)₂ = M x V = 25 x 2 = 50 mol

a. Ba(NO₃)₂ + H₂SO₄ ⇒ BaSO₄ + 2HNO₃
    50 mol       50 mol     50mol      100 mol

b. mol H₂SO₄ = M x V
    50             = 0,5 x V ⇒ V = 100 liter

c massa BaSO₄ = mol x Mr = 50 x 231 = 11.550 gram = 11,55 kg
massa HNO₃ = mol x Mr = 100 x 63 = 6300 gram = 6,3 kg

3)
mol =  \frac{jumlah molekul}{bilanganavogadro}
mol CO₂ =  \frac{1,5.10^{23} }{6,02.10^{23} }
mol CO₂ = 0,25 mol

massa CO₂ = mol x Mr = 0,25 x 44 = 11 gram

1 5 1