Jawabanmu

2014-06-29T20:03:45+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
a+ar+ar^2=21 \\ a~x~ar~x~ar^2=216 \\ a^3r^3=216, ~ar= \sqrt[3]{216} =6 \\a+ar+ar^2=21 \\ a+ar^2=21-6 \\ a+ar^2=15,~ar^2=15-a  \\ a~x~ar~x~ar^2=216 \\ a~x~ar^2= \frac{216}{6} =>~a^2r^2=36 \\ ar^2(a)=36  \\ (15-a)(a)=36\\ a^2-15a+36=0 \\ (a-3)~~(a-12) \\ a=3~~,ar=6~~maka~r=2 \\ ar^2=3.(2^2)=12
maaf tapi nggak ada di opsi a.36 b.32 c.28 d.26 e.24
kan jumlah nya 21, gak mungkin dong nilai tebesarnya lebih dari 21? itu menurut aku sih maaf ya
iya gpp, terimakasih
Jawaban paling cerdas!
2014-06-29T22:40:26+07:00
Saya coba pakai cara lain :
a/r + a + ar = 21
(a/r)(a)(ar) = 216 ⇔ a³ = 216 ⇔ a = ∛216 ⇔ a = ∛6³  maka a = 6
a/r + a + ar = 21 ⇔ 6/r + 6 + 6r = 21
                           ⇔ 6/r + 6r = 15  kalikan dengan r didapat
                           ⇔ 6 + 6r² = 15r
                           ⇔ 6r² - 15r + 6 = 0   faktorkan
                           ⇔(6r - 3)(r - 2) = 0 maka r = 3/6 atau r = 1/2 atau r = 2
* Untuk a = 6 dan r = 1/2 maka nilai terbesarnya di suku pertama yaitu a/r = 6/(1/2) = 12
* Untuk a = 6 dan r = 2 maka nilai terbesarnya di suku ketiga yaitu ar = 6(2) = 12
   Pada prinsipnya sama saja
1 5 1