1) Sebuah atom memiliki jumlah elektron 7 dan nomor massanya 19. Berapakah jumlah neutron pada atom tersebut?

2)
Berapakah massa dari 3,01 x 10^-21 atom Kalsium? (Ar Ca = 40)

3)
Unsur-unsur yang membentuk senyawa selalu bereaksi dalam perbandingan massa yang sudah tertentu dan tetap” Hukum tersebut merupakan bunyi dari hukum ?

Jawab beserta caranya :)

2

Jawabanmu

2014-06-29T13:14:19+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. neutron : 19 - 7 = 12

2.  \frac{3,01.10^{21} }{NA} =   \frac{3,01.10^{21} }{6,02.10^{23} } = 5.10^{-3} mol
massa = mol x Ar = 5.10⁻³ x 40 = 0,2 gram

3. Hukum perbandingan tetap ( Hukum proust) menyatakan bahwa suatu senyawa kimia terdiri dari unsur unsur dengan perbandingan massa yang selalu tepat sama. Dengan kata lain, setiap sampel suatu senyawa memiliki komposisi unsur-unsur yang tetap.
Jawaban paling cerdas!
2014-06-29T13:50:38+07:00
1) Jumlah proton    = jumlah elektron = 7
    Jumlah neutron = nomor massa – jumlah proton
                        = 19 – 7 = 12 <--

2) Jumlah Partikel/6,02 x 10^23 = 3,01 x 10^-21/6,02 x 10^23 = 0,005 mol 
    massa = mol x Ar = 5.10⁻³ x 40 = 0,2 gram <--

  
3) Hukum perbandingan tetap <--

semoga membantu :)
2 5 2