angka 0,1,2,3,4 akan dibuat angka 3 digit yang tak boleh berulang dan lebih dari 300 jika angka yang diminta adalah genap ada berapa susunan angka tsb??

jadi gini maslahnya kalo soal ini di jawab pake logika hasilnya 15 tapi kalo pake aturan penyusunan gimana? aku nyari ktemune 18??

2
itu pake cara kak :302,304,310,312,314,320,324,340,342,402,410,412,420,430,432
cuman satu2 gitu :D
hehehu kan sama aja manual de
kalau pas ujian kan bobrok di waktu
hahaha...
iya sih...tp kan kalo angka2 nya sdikit spt itu tinggal nyocok2kin...
:P
itu kalau sedikit kalau banyak gimana hayoo?
berdoa aja kak , sedikit..
:)

Jawabanmu

2014-06-28T12:43:54+07:00
Ratusan terdiri dari tiga angka, jadi buat tiga kotak |-|-|-|.
karna syarat pertama "harus lebih dari 300", berarti kotak pertama hanya dapat di isi dengan angka 3 dan 4 yaitu 2. dan isian kotak menjadi |2|-|-|
permisalan: di kotak pertama di ambil satu angka, maka dari lima angka tersisa empat angka. dan isian kotak menjadi |2|4|-|
lalu syarat berikutnya "harus bernilai genap", maka kotak terakhir hanya dapat diisi dengan angka 0, dan 2 yaitu 2. angka empat tidak dapat digunakan lagi. dan isian kotak menjadi |2|4|2|
isian kotak dikali yaitu 2 kali 4 kali 2 menghasilkan 16. karna tidak boleh pengulangan jadi dikurang 1
jadi ada 15 cara
kalau ngebuktiin manual : 302, 304, 310, 312, 314, 320, 324, 340, 342, 402, 410, 412, 420, 430, 432

semoga dapat dimengerti dan membantu~
kok pakek dikurang 1 segala??
bagi 2 case aja :
* yg digit pertamanya 3.
maka digit satuannya 3 cara dan digit puluhannya jg 3 cara, shg bnyak bil = 3 x 3 = 9 cara

** yg digit pertamanya 4
maka digit satuannya 2 cara dan digit puluhannya 3 cara, shg bnyak bil = 2 x 3 = 6 cara

total = 9 + 6 = 15
2014-06-28T14:15:10+07:00
Kita bagi dalam 2 kasus
kasus 1 : untuk ratusan 3
maka untuk puluhan hanya diperbolehkan sebanyak 3 angka yaitu 0,2,4
dan untuk puluhan ada sebanyak 3 angka
total = 3 x 3 = 9
.
kasus 2: untuk ratusan 4
maka untuk puluhan hanya diperbolehkan sebanyak  angka yaitu 0,2
dan untuk puluhan ada sebanyak 3 angka
tota= 2 x 3 = 6
.
total keseluruhan = 9 + 6 =15