bukanya raja kertajaya?
salah, itu sebenarnya raja kertajaya. Sri Maharaja Kertajaya adalah raja terakhir Kadiri yang memerintah sekitar tahun 1194-1222. Pada akhir pemerintahannya, ia dikalahkan oleh Ken Arok dari Tumapel atau Singhasari, yang menandai berakhirnya masa Kerajaan Kadiri.

Jawabanmu

2014-06-27T19:31:44+07:00
Sri Maharaja Kertajaya adalah raja terakhir Kadiri yang memerintah sekitar tahun 1194-1222.

Sri Maharaja Kertajaya pada tahun 1194 telah memerintah kerajaan Kediri, pada waktu itu Tumapel merupakan daerah bawahan Kediri atau Daha yang diperintah oleh Raja Kertajaya. Pada waktru itu Raja Kertajaya sedang berseteru dengan para pendeta Shiwa - Budha, karena Raja Kertajaya ingin disembah oleh para pendeta dan juga oleh seluruh rakyat. Keinginan itu ditolak oleh para pendeta, banyak para pendeta yang mencari perlindungan di Tumapel.

Kepemimpinan Kertajaya sebagai raja di Kediri disebut-sebut sebagai ancaman bagi keselamatan pulau Jawa, karena Kertajaya dianggap sebagai dari perwujudan kejahatan yang harus dihancurkan. Pada waktu itu Tumapel sudah dipimpin oleh Ken Arok, dan oleh para pengikutnya diangkat sebagai raja dan di berikan gelar Abhiseka Rajasa Sang Amurbhumi. Kekuatan Tumapel kian besar dari hari ke hari, dan hal ini yang membuat Ken Arok kian berani dan mulai ujuk gigi dengan tidak lagi menghadap ke kerajaan Kediri.

Pada akhir pemerintahan Kertajaya, ia dikalahkan oleh Ken Arok dari Tumapel atau Singasari, yang menandai berakhirnya masa Kerajaan Kediri.

Maaf kalo salah