Seorang penjahit akan membuat 2 model pakaian. Dia mempunyai persediaan kain batik 40 meter dan kain polos 15 meter. Model A memerlukan 1 meter kain batik dan 1,5 meter kain polos sedangkan model B memerlukan 2 meter kain batik dan 0,5 meter kain polos. Maksimum banyak pakaian yang mungkin dapat di buat adalah......

a. 10
b. 20
c. 22
d. 25
e. 30

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-26T22:10:07+07:00
Misal kain batik = x dan kain polos = y
Sistem pertidaksamaannya sbb :
x + 2y ≤ 40 , 1,5x + 0,5y ≤ 15 , x ≥ 0 dan y ≥ 0
x + 2y ≤ 40 , 3x + y ≤ 30 , x ≥ 0 dan y ≥ 0
x + 2y ≤ 40 melalui titik (0,20) dan (40,0)
3x + y ≤ 30 melalui titik (0,30) dan (10,0)
x ≥ 0 daerahnya sebelah kanan sumbu y
y ≥ o daerahnya sebelah atas sumbu x
titik potong antara x + 2y = 40 dan 3x + y = 30 adalah :
3x + 6y = 120 
3x +  y  = 30 -
       5y = 90 maka y = 90/5 = 18
3x + y = 30 ⇔ 3x + 18 = 30 ⇔ 3x = 12 maka x = 4
Jadi, titik potongnya adalah (4,18)
Jadi, banyaknya pakaian yang dapat dibuat adalah 4 + 18 = 22 buah
9 4 9
terima kasih jawabannya, kalau boleh tanya. x+2y itu darimananya ya?
1 m kain batik dari model A dan 2 m kain polos dari model B
Trim's karena jawaban saya dijadikan yang terbaik.
2014-06-26T23:35:31+07:00
Seorang penjahit akan membuat 2model pakaian dan ia memiliki persediaan:
40meter =Kain batik
15meter =kain polos
Jika Model A memerlukan ,1m (kain batik)
                                        1,5m(kain polos)
Dan Model B memerlukan, 2m (kain batik)
                                       0,5m (kain polos)
Banyak pakaian yg bisa dibuat?
Jawab:
*Untuk model A =banyak yang bisa dibuat =11 (2,5 x 11 =27,5) | dan 27,5 + 27,5 =55
*Untuk model B = banyak yang bisa dibuat =11 (2,5 x 11 =27,5) | 40 + 15 =55
Jadi,11 + 11 =22

4 3 4
Terima kasih jawabannya,
ya sama sama :)
11 nya dari mana?