Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-06-25T17:11:30+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kurikulum 2013 untuk jenjang SMA memakai sistem peminatan dengan tiga pilihan yaitu Matematika dan IPA, IPS, serta Bahasa dan Kebudayaan. Para siswa SMA memilih peminatan sejak duduk di kelas X (I SMA). Seleksi peminatan akan dilakukan berdasarkan nilai rapor SMP dan wawancara oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK). 

Peminatan dilihat berdasarkan rapor dan minat anak. Kalau nilai sudah tinggi bisa langsung sesuai minatnya, tapi kalau tidak harus dilihat betul dari wawancara guru BK.

Untuk Kurikulum 2013, sebelumnya sekolah mu adanya pendalaman minat atau lintas minat? 


1. setahu saya, masuk IPA atau IPS dua duanya bagus. Didukung kurikulum 2013 yang bisa mengambil pelajaran lintas minat. Lintas minat?? maksudnya 
Misal kamu di IPA, tapi suatu saat kamu ingin mendalami atau masuk ke fakultas ekonomi di universitas. sekolah memberi layanan lintas minat, dimana kamu bisa mengambil pelajaran ekonomi untuk 3 jam pelajaran. 
Kalau kamu di IPS, tapi kamu mau jadi dokter?? atau ke teknik?? bisa!! kamu tinggal tambah pelajaran lintas minat "kimia, bio" untuk dokter dan "math, fisika" untuk teknik. atau kombinasi lainnya. 
Dalam kurikulum 2013. setiap siswa diwajibkan untuk mengambil 6 jam pelajaran tambahan (pendalaman minat, atau lintas minat) dimana satu mata pelajarn akan memakan wakut 3 jam pelajaran. Atau dengan kata lain, siswa dapat memilih 2 mata pelajaran tambahan. 

Dengan bantuan ini, kamu tidak perlu pusing mau masuk IPA atau IPS. Tinggal pilih saja yang mana yang kamu suka 

Tapi tergantung di sekolah kamu, coba tanyakan, apakah disediakan lintas minat ini? karena saya dengar ada sekolah yang hanya memperbolehkan pendalaman minat dan tidak menyediakan lintas minat. 

2. Ya, harus kamu senangi! kamu gak bakal bisa belajar kalo kamu gak suka.. 

3. Geografi, sosiologi, ekonomi, akutansi, sejarah dll. 

4. Universitas nantinya akan melihat mata pelajaran apa saja yang kamu ambil. Apabila kamu di IPS, dan mau ke dokter. Bisa! asal kamu ambil kimia dan bio. Mau ke teknik?? bisa!! asal ada dasar fisika dan matematika. yang lainnya? banyak ada fak. ekonomi, bisnis mungkin? atau mungkin psikologi? hukum? dan masih banyak lagi. Pekerjaan apa yang sesuai? "Bos" hehe ...

5. Kami tidak memiliki perminatan bahasa(sayangnya), jadi saya kurang tahu mengenai hal ini. Tapi sepertinya tidak masalah. Karena pada dasarnya, semua pasti tahu kalau di smp tidak diwajibkan pelajaran bahasa asing. Jadi saya pikir, pelajaran tersebut akan diajarkan dari dasar dan pemula pun akan dapat mengikuti pelajarannya. Terlebih lagi di kurikulum 2013. Student centered learning. Jadi kalian murid yang akan lebih banyak mengambil peran di kelas. 

semoga membantu :)
Mau tanya, kalau sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 untuk SMA tapi tidak tersedia jam pelajaran tambahan untuk pendalaman minat dan lintas minat itu sekolahnya bermasalah tidak ya? Mohon bantu penjelasannya. Dan kabarnya lintas minat itu cuma di kelas 1 saja, apa betul?
untuk lintas jurusan dari ipa ke ips masih bisa kok :)
Di sekolah saya ga ada itu gmana
2014-06-25T17:13:59+07:00
Kalau di sekolah saya masih diadakan agenda matrikulasi yaitu tambahan pembelajaran yang kurang lengkap dengan kurikulum 2013 yaitu dengan manambah sedikit materi KTSP.
Yang diadakan 2 tahap pembelajaran tahap pertama pertemuan 1 mnggu dan tahap ke dua jga 1 mnggu,
mapelnya fisika,kimia,PAI,PKN,MTK,bhs inggris,bhs indonesia
1 3 1