Jawabanmu

2014-06-25T11:25:25+07:00
 
aq cmn punya catatan yang bab 1 nich. tapi kalau nggak salah lho. semoga membantu. 
Perubahan Wilayah Laut Indonesia

Wilayah Indonesia pada saat proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 masih mengikuti Territoriale Zee en Maritieme Ordonantie tahun 1939. Lebar laut wilayah Indonesia 3 mil diukur dari garis air terendah dari masing-masing pantai pulau Indonesia, penetapan tersebut tidak menjamin kesatuan wilayah NKRI. Hal ini lebih terasa lagi bila dihadapkan pada pergolakan-pergolakan dalam negeri pada saat itu. Mengingat keadaan lingkungan alamnya, persatuan bangsa dan kesatuan wilayah negara menjadi tuntunan utama bagi terwujudnya kemakmuran dan keamanan. Atas pertimbangan tersebut, maka dikeluarkan Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957. 
Laut Internasional di Jamaika tahun 1982 dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

* Batas laut teritorial yaitu 12 mil dari titik terluar sebuah pulau ke laut bebas,. Berdasarkan batas tersebut, negara Indonesia memiliki kedaulatan atas air, bawah laut, dasar laut, dan udara di sekitarnya termasuk kekayaan alam di dalamnya.

* Batas landas kontinen sebuah negara paling jauh 200 mil dari garis dasar ke laut bebas dengan kedalaman tidak lebih dari 200 meter. Ladas kontinen adalah dasar laut dari arah pantai ke tengah laut dengan kedalaman tidak lebih dari 200 meter.

* Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) ditarik dari titik terluar pantai sebuah pulau sejauh 200 mil. Dengan bertambahnya luas perairan Indonesia, maka kekayaan alam yang terkandug di dalamnya bertambah pula. Oleh karena itu, Indonesia bertanggung jawab untuk melestarikan dan melindungi sumber daya alam dari kerusakan.


 Perubahan Wilayah Provinsi di Indonesia

Pada awalnya berdiri negara kesatuan Republik Indonesia terdiri atas 8 provinsi yang ditetapkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 19 Agustus 1945 yaitu sebagai berikut:

Sumatra
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
Sunda Kecil (kepulauan Nusa Tenggara)
Kalimantan
Sulawesi
Maluku

Pada tahun 1950, provinsi di Indonesia jumlahnya 11. Hasil pemekaran dari Provinsi Sumatra yaitu Provinsi Sumatra Utara, Sumatra Tengah dan Sumatra Selatan. Provinsi Jawa Tengah dimekarkan menjadi Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Thx kk,,
coba aku carikan bab selanjutnya y
ok
Jawaban paling cerdas!
2014-06-25T12:01:56+07:00
BAB 3 KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA DI DUNIA

A. Ciri-ciri Utama Kenampakan Alam Dunia
B. Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Negara-negara di Dunia
C. Menggambar Peta Benua dan Dunia

A. Ciri-ciri Utama Kenampakan Alam Dunia

- Letak dan Batas Benua
Benua adalah merupakan sebuah wilayah atau daratan yang sangat luas.
Beberapa yang masuk Benua antara lain :

- Asia (terluas),
- Afrika, Australia (tersempit),
- Eropa, dan Amerika.
- Puncak tertingginya Mount Everest (Gunung Himalaya) di India,
- Gunung berapi tertinggi adalah Kalimanjoro di Afrika,
- Jembatan/terusan terpanjang di dunia adalah terusan Zues yang menghubungkan laut merah dan di Mesir,
- Sungai terpanjang adalah sungai Nil di Mesir


B. Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Negara-negara di Dunia

1. Asia

a. Asia Barat (Timur Tengah)
Ciri khas kenampakan alam wilayah Timur Tengah yaitu tanahnya gersang, kebanyakan berupa gurun pasir atau padang pasir Bangunan abadi yang ada di wilayah ini terdapat di Arab Saudi, yaitu Kakbah di kota Mekah sebagai arah salat (kiblat) bagi umat Islam

b. Asia Timur
Di daratan Cina Utara hidup beruang terkenal, disebut Panda. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal di dunia, yaitu Tembok Besar Cina.

c. Asia Tengah
Tanahnya relatif gersang dan beriklim dingin.

d. Asia Selatan
Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal adalah Istana Taj Mahal yang ada di India. Pada intinya Asia Selatan adalah satu rumpun dengan India.

e. Asia Tenggara
Wilayah ini termasuk subur untuk pertanian. Vietnam dan Thailand bahkan sempat dijuluki gudang beras Asia Tenggara. Bangunan buatan manusia yang termasyhur adalah Borobudur di Indonesia dan Angkor Wat di Bangkok.

2. Benua Eropa

Batas-batas Benua Eropa adalah sebagai berikut.
v Utara : Laut Arktik
v Selatan : Laut Tengah
v Barat : Samudra Atlantik
v Timur : Pegunungan Ural

a. Eropa Barat
Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal di dunia adalah Menara Eifel yang ada di kota Paris, Prancis. Bangunan lainnya adalah bendungan-bendungan teluk dan kincir angin, yang ada di Belanda.

b. Eropa Utara

c. Eropa Selatan
Wilayah negara ini relatif bergunung-gunung berada pada iklim sedang. Bangunan yang terkenal adalah Istana Paus di Vatikan, Menara Pisa, dan Colloseum di Italia.

d. Eropa Timur
Negara-negara di Eropa Timur meliputi Polandia, Republik Ceko, Slowakia, Hongaria, Rumania, Bulgaria, dan Albania.

e. Kawasan Balkan
Di samping negara-negara yang telah disebutkan di atas, ada negara-negara yang disebut kawasan Balkan, yang sebagian adalah negara Eropa Timur dan Eropa Selatan.

3. Benua Afrika

Batas-batas Benua Afrika adalah:
v Batas timur adalah Laut Merah, Benua Asia, Samudra Hindia.
v Batas selatan adalah Samudra Hindia.
v Batas barat adalah Samudra Atlantik.
v Batas utara adalah Laut Tengah.

Disebut juga benua hitam karena sebagian besar penduduknya berkulit hitam (negro). Tedapat Gurun Sahara (terluas di dunia), Sungai Nil (6.671 km) di Mesir dan Sudan (terpanjang di dunia). Bangunan buatan manusia yang paling terkenal di Afrika terdapat di Mesir, yaitu Piramida dan Spinx serta terusan Zues yang menghubungkan laut merah dan laut tengah.

4. Benua Amerika (negeri Paman Sam)

batas-batas Benua Amerika adalah:
v Batas timur adalah Samudra Atlantik.
v Batas selatan adalah Samudra Pasifik.
v Batas barat adalah Samudra Pasifik.
v Batas utara adalah Laut Arktik.
Penduduk aslinya adalah suku Indian, sungai terluasnya Amazon. Di Amerika terdapat negara penghasil kopi terbesar di Dunia yaitu Brazil.

5. Benua Australia
Penduduk asli Australia adalah Aborigin. Terkenal dengan peternakan domba dan penghasil woll terbesar di Dunia
3 5 3