Jawabanmu

2014-06-24T22:24:48+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. MazhabAl-Hanifiyah. Mazhab ini sangat dikenal sebagai terdepan dalam masalah pemanfaatan akal/ logika dalam mengupas masalah fiqih.
contoh : p
erempuan boleh menjadi hakim di pengadilan yang tugasnya khusus menangani perkara perdata, bukan perkata pidana

2.
 Mazhab Al-Malikiyah . Mazhab ini ditegakkan di atas doktrin untuk merujuk dalam segala sesuatunya kepada hadits Rasulullah SAW dan praktek penduduk Madinah.
contoh : 
Menurut Imam Malik, qamat shalat dilakukan satu kali-satu kali.

3. 
Mazhab As-Syafi’iyah . Dasar madzhabnya: Al-Quran, Sunnah, Ijma’ dan Qiyas dan tidak mengambil perkataan sahabat karena dianggap sebagai ijtihad yang bisa salah .
contoh : 
membaca Al-Fatihah adalah wajib pada setiap rakaat tidak ada bedanya, baik pada dua rakaat pertama maupun pada dua rakaat terakhir, baik pada shalat fardhu maupun shalat sunnah.

4. 
Mazhab Hanbali . Dasar madzhab Ahmad adalah Al-Quran, Sunnah, fatwah sahahabat, Ijam’, Qiyas, Istishab, Maslahah mursalah, saddudzarai’.
contoh : membaca tasbih ketika ruku’ adalah wajib .

*mf klo salah
*smoga membantu
1 5 1